[POPULER OTOMOTIF] Aturan Cabut SIM di Indonesia | Cara Memanaskan Mesin Motor yang Benar

Kompas.com - 02/06/2021, 06:02 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan motorcyclenews.comIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sanksi pencabutan surat izin mengemudi (SIM) yang akan berlaku di dalam negeri dalam waktu dekat mendapat sabutan baik dari pelaku pemerhati keselamatan berkendara.

Satu diantaranya Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). Menurut dia, sudah waktunya pencabutan SIM berlaku untuk mengurangi potensi kecelakaan dan pengendara yang arogan atau tak sesuai kualifikasi..

Kemudian, dalam proses mengganti ban tubless yang kena paku di jalan, tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal penting untuk dilakukan lebih dahulu agar optimal.

Selain itu, artikel mengenai tren modifikasi motor bergaya jap style yang mulai pudar juga menarik pembaca. Berikut 5 artikel favorit di kanal Kompas Otomotif selama Selasa, 1 Juni 2021;

1. Sudah Waktunya Indonesia Terapkan Aturan Cabut SIM

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).polri.go.id Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Tak hanya penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor dan penyandang disabilitas saja, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga sudah mengeluarkan aturan baru soal sanksi lalu lintas bagi pengendara kendaraan bermotor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sanksi tersebut tak hanya sekadar tilang, namun menggunakan sistem poin yang menandakan besaran sanksinya, yakni berupa penahanan SIM sementara, tidak bisa memperpanjang, dan pencabutan SIM.

Menanggapi adanya sistem pelanggaran lalu lintas dengan poin, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengaku sangat setuju dengan hal tersebut.

Baca juga: Sudah Waktunya Indonesia Terapkan Aturan Cabut SIM

2. Cara Mengatasi Ban Tubeless yang Kena Paku di Jalan

tambal ban tubelessKompas.com/Fathan Radityasani tambal ban tubeless

Salah satu hal yang paling menjengkelkan saat mengendarai sepeda motor adalah ketika mengalami ban bocor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X