Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Jual Beli Mobil Bekas di Masa Pandemi, Online Mulai Tumbuh

Kompas.com - 01/06/2021, 18:42 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung. Meski demikian, semua sektor termasuk industri otomotif yang di dalamnya penjualan mobil bekas perlahan mulai tumbuh karena masyarakat tetap membutuhkan kendaraan untuk melakukan aktivitas.

Kondisi tersebut yang dialami oleh Platform penjualan mobil bekas online, OLX Autos. Optimisme mereka bahwa bisnis mobil bekas masih menyimpan potensi besar, sejalan dengan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Optimisme itu disampaikan OLX Autos mengacu pada studi bertajuk “Consumer Research” yang memperlihatkan sejumlah faktor di balik alasan masyarakat memilih mobil bekas.

Baca juga: 2 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Total 31 persen masyarakat mencari moda transportasi yang aman selama pandemi, kemudian 28 persen masyarakat mencari mobil bekas yang usianya terbilang baru ditambah meningkatnya sentimen positif bahwa kondisi ekonomi mulai membaik.

"Terlepas adanya beberapa faktor eksternal, kami optimistis bahwa industri mobil bekas masih sangat menyimpan potensi yang besar untuk dieksplorasi lebih lanjut," kata Johnny Widodo, CEO OLX Group Indonesia di acara Ngovsan Forwot bersama OLX Autos, Kamis (27/5/2021).

Gampang Jual-Beli

Autos. (Dok. OLX Autos) Autos. (Dok. OLX Autos)

Johnny melanjutkan, disituasi seperti sekarang ini masyarakat juga lebih memilih membeli dan menjual mobil bekas secara online. Sebab, untuk mengurangi kontak fisik demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Oleh sebab itu, OLX Autos menurut Johnny memberikan fasilitas kepada masyarakat yang akan menjual dan membeli mobil bekas secara online. Selama ini masih banyak konsumen belum percaya membeli secara online.

"Tentunya, dengan adanya #GampangnyaPasti, OLX Autos memberikan informasi bahwa OLX Autos membuat penjualan dan pembelian mobil menjadi lebih gampang, dan tentunya terpercaya tidak takut kena tipu," kata Johnny.

Ilustrasi mobil bekas.Dok. Pexels/Pixabay Ilustrasi mobil bekas.

Johnny memberikan tips seputar menjual ataupun membeli mobil bekas di OLX Autos. Menurut dia, cukup mudah apalagi melalui rekanan diler yang sudah pasti terpercaya.

"Konsumen tidak takut lagi membeli mobil bekas yang banyak cacatnya, secara surat-surat juga aman, dan unitnya bagus," ucap dia.

Sekarang ini, OLX Autos memiliki 100 lokasi inspection center di sembilan kota besar di Indonesia, yang siap melayani masyarakat.

Selain itu, OLX Autos juga memiliki diler untuk Jual-Beli-Tukar Tambah serta beberapa Authorized Dealer yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

"Di masa pandemi dan adanya insentif PPnBM seperti sekarang ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas. Jika kesulitan menjual, kami juga akan membantu sehingga konsumen merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi," ujar Johnny.

OLX Autos sendiri menurut Johnny, merupakan platform jual-beli mobil dengan menawarkan tiga solusi andalan, yakni jual mobil instan, jual-beli, dan tukar tambah, serta authorie Dealer.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com