Helm Basah Kena Hujan, Jangan Langsung Dijemur di Bawah Matahari

Kompas.com - 30/05/2021, 15:21 WIB
Helm Replika Alex Marquez KOMPAS.com/RulyHelm Replika Alex Marquez
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan piranti yang wajib digunakan oleh pengguna sepeda motor. Fungsi dari helm sangat penting, yakni meredam benturan ketika terjadi kecelakaan, sehingga kepala pengendara tidak mengalami luka parah.

Selain itu, helm juga dapat digunakan sebagai penunjang style ketika berkendara di jalan raya. Maka dari itu helm harus nyaman digunakan serta diperlukan perawatan yang baik agar tetap awet, tahan lama, dan selalu terlihat bagus.

Baca juga: Catat, Ini Besaran Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor

Pada saat berkendara dalam kondisi hujan, tentu helm akan basah dan tidak nyaman untuk digunakan.

Helm harus segera dikeringkan untuk menghindarai kerusakan helm, untuk itu perlu perawatan yang tepat dan benar pada saat helm basah.

Pemilihan dan perawatan helm impor butuh perlakuan khususKompas.com/Setyo Adi Pemilihan dan perawatan helm impor butuh perlakuan khusus

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pegiat dari Komunitas Belajar Helm Ahmad M mengatakan, pada saat helm basah setelah terkena hujan, jangan langsung menjemurnya di bawah sinar matahari.

"Kalau helm basah, entah terkena hujan ataupun keringat pengendara sebaiknya jangan langsung dijemur di bawah matahari. Lebih baik di angin-anginkan dengan kipas angin atau blower agar helm lebih awet," kata Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (30/5/2021).

Baca juga: Viral Foto Motor Versus Sepeda, Ini Baiknya dari Sisi Safety Riding

Ahmad mengatakan keringat yang tercampur dengan air hujan pada helm akan menyebabkan helm kotor dan berjamur.

Maka dari itu, disarankan untuk langsung mengeringkan helm ketika habis digunakan atau terkena hujan.

Helm CarglossHelm Cargloss Helm Cargloss

"Helm ketika dijemur di sinar matahari langsung itu banyak mengurangi manfaat dari helm itu. Jadi EPS yang bagian styrofoam itu gampang getas. Kedua, bahan spons di dalam helm akan gampang robek karena panas matahari langsung," ucap Ahmad.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Italia 2021, Bagnaia Kembali Jadi yang Tercepat

Ahmad menyarankan untuk cukup diangin-anginkan saja karena helm itu rentan. Apalagi helm dengan merk tertetu yang harganya mahal, tentu juga memerlukan perawatan khusus.

Perawatan helm yang baik selain membuat helm awet juga dapat membuat pemakainya menjadi lebih nyaman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X