Ulik Fasilitas Apa Saja yang Ada pada Bus AKAP Kelas Eksekutif

Kompas.com - 26/05/2021, 10:22 WIB
Bus AKAP baru PO Gunung Harta Instagram/hisyam_2542Bus AKAP baru PO Gunung Harta

JAKARTA, KOMPAS.com – Fasilitas yang disediakan Perusahaan Otobus (PO) kepada penumpangnya saat ini sudah semakin mewah. Misalnya dengan menaiki bus kelas eksekutif, setidaknya mendapatkan kursi yang super nyaman.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, bus kelas eksekutif dari setiap operator biasanya berbeda-beda. Namun ada satu fasilitas yang setidaknya sama, yakni soal bangku yang digunakan.

“Biasanya bangku ukuran jumbo dan ada leg rest serta armrest. Selain itu beragam, tergantung dari PO bus nya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Apa Itu Fenomena Lane Hogger di Jalan Tol

Bus AKAP PO Rosalia IndahInstagram/hisyam_2542 Bus AKAP PO Rosalia Indah

Beberapa PO bus juga menambah kenyamanan penumpang dengan memberikan fasilitas pijat pada bangkunya. Misalnya pada unit double decker terbaru milik PO Gunung Harta, setiap bangkunya punya fasilitas pijat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain pijat, sistem hiburan pada bus kelas eksekutif juga semakin berkembang. Dahulu, mungkin hanya mengandalkan TV yang ada di depan kabin, namun sekarang, sudah ada sistem hiburan seperti Audio video On Demand (AVOD).

“AVOD juga opsional dari bangku yang digunakan. Tidak semua bus kelas Super Eksekutif memakainya,” kata Dimas.

Baca juga: Enggak Perlu Antre, Begini Cara Perpanjangan SIM secara Online

Terakhir, ada fasilitas servis makan yang diberikan PO bus. Model servis makan yang diberikan juga bermacam-macam, ada yang prasmanan atau bisa juga memilih menunya sendiri saat di kabin bus.

“Kalau prasmanan biasanya sudah paketan. Sekarang juga ada yang menunya bisa dipilih saat penumpang masih di bus atau saat perjalanan seperti di First Class Rosalia Indah,” ucapnya.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.