Puncak Arus Balik Lebaran Tidak Ada Penumpukan Kendaraan

Kompas.com - 24/05/2021, 14:21 WIB
Jasa Marga Catat Total 301 Ribu Kendaraan Kembali Ke Jabodetabek Pada Arus Balik Lebaran 2021 Jasa Marga Jasa Marga Catat Total 301 Ribu Kendaraan Kembali Ke Jabodetabek Pada Arus Balik Lebaran 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Puncak arus balik Idulfitri 1442 H terpantau normal dan tidak terjadi penumpukan kendaraan yang signifikan seperti halnya mudik Lebaran pada tahun-tahun sebelum pandemi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, mengatakan, arus kendaraan sempat mengalami peningkatan pada beberapa hari terakhir. Namun kenaikan itu diklaim berlangsung bertahap.

Sehingga saat ini kondisi arus lalu lintas sudah kembali normal seperti sebelum libur Lebaran 2021. Seperti diketahui, sebelumnya Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik mudik terjadi pada 21-22 Mei lalu.

Baca juga: Capirossi Sidak Sirkuit Mandalika, Saya Suka Sirkuit Ini

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono didampingi Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi menempelkan stiker pada mobil pemudik yang telah mengikuti rapid test antigen di Rest Area Kilometer 62 tol Jakarta-Cikampek arah menuju Jakarta, Minggu (16/5/2021).KOMPAS.COM/FARIDA Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono didampingi Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi menempelkan stiker pada mobil pemudik yang telah mengikuti rapid test antigen di Rest Area Kilometer 62 tol Jakarta-Cikampek arah menuju Jakarta, Minggu (16/5/2021).

“Kalau kita lihat fluktuasi dari pada arus balik dari Jawa maupun Sumatera sudah 4 hari yang lalu mengalami kenormalan,” ujar Istiono, dilansir dari laman Humas Polri, Senin (24/5/2021).

“Arus kendaraan lebih kurang 100.000 kendaraan yang sudah masuk ke Jakarta. Artinya bahwa mudik yang arus balik yang menuju Jakarta dari Jawa maupun Sumatera secara bertahap, tidak ada penumpukan di satu hari,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Korlantas Polri juga mencatat, volume arus kendaraan menuju Jakarta mengalami kenaikan 11 persen. Sampai Senin (24/5/2021) dini hari, mengalami kenaikan 6 persen.

Baca juga: Mobil Matik Mogok, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Derek

Kondisi lalu lintas di arus balik larangan mudik Lebaran 2021Jasa Marga Kondisi lalu lintas di arus balik larangan mudik Lebaran 2021

Adapun arus lalu lintas dari Sumatera menuju Jakarta sempat naik 22 persen, dan hari ini (24/5/2021) mengalami penurunan 20 persen.

“Secara umum situasi kamseltibcarlantas ini aman dan terkendali tidak ada kejadian-kejadian yang menonjol selama arus Balik. Mudah-mudahan seterusnya berjalan dengan aman, tertib dan terkendali,” ucap Istiono.

Sebagai informasi, Operasi Ketupat 2021 dalam rangka peniadaan mudik memang sudah ditutup pada 17 Mei lalu.

Namun Korlantas Polri menerapkan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka pengetatan arus balik lebaran 2021 yang berakhir 24 Mei 2021.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.