Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis dan Fungsi Sekring pada Sepeda Motor

Kompas.com - 23/05/2021, 17:21 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh sepeda motor dilengkapi dengan sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan selalu memiliki potensi untuk terjadi korsleting atau hubungan pendek arus listrik. 

Tentu saja kejadian korsleting dapat membahayakan pengendara. Pada kasus tertentu, korsleting dapat menimbulkan kebakaran.

Maka dari itu, sistem kelistrikan pada sepeda motor wajib dilengkapi dengan pengaman. Pengaman ini yang dinamakan sekring. Meski ukurannya kecil, perannya sangat penting.

Baca juga: Cek Harga Toyota Avanza Bekas Tahun Tua di Akhir Mei 2021

"Sekring berfungsi untuk memutus arus jika terjadi korsleting di rangkaian kelistrikan tersebut," ungkap Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sekring tabung (tube fuse)Istimewa Sekring tabung (tube fuse)

Di dunia otomotif sepeda motor, dikenal dua jenis sekring, yaitu sekring tabung (tube fuse) dan sekring tancap (fuse blade).

Sekring tabung memiliki bentuk tabung transparan. Sekring jenis ini jamak ditemukan di berbagai sepeda motor keluaran tahun lama.

Baca juga: Daftar Lelang Mobil Pelat Merah Akhir Mei 2021

Sementara sekring tancap lebih umum ditemukan di berbagai sepeda motor baru. Sesuai dengan namanya, sekring tancap dipasang dengan cara ditancapkan.

Khusus pada jenis sekring tancap, terdapat varian warna guna menunjukkan besaran kemampuan untuk dilalui arus listrik, dilambangkan dengan satuan Ampere (A).

Kode warna di sekring tancap berlaku universal. Berikut ragam warna beserta spesifikasi sekring tancap pada sepeda motor.

Sekringyoutube.com Sekring

  • Oranye - 5A
  • Merah - 10A
  • Biru - 15A
  • Kuning - 20A
  • Bening atau ungu - 25A
  • Hijau - 30A

Baca juga: Begini Metode Tambal Ban Tubeless yang Benar

Untuk perawatan, sekring dan kotak sekring bukanlah piranti yang mudah rewel. Namun seiring bertambahnya usia kendaraan, kotak sekring bisa mengalami kerusakan karena kabel-kabel yang makin kaku dan soket-soket yang berkarat karena teroksidasi.

Maka dari itu, pembersihan kotak sekring perlu dilakukan. Caranya menggunakan penetran dan menyikat sekring beserta kotaknya satu per satu dengan kuas. Setelah itu keringkan dengan lap.

Jika sekring sudah terlihat gosong, segera ganti dengan yang baru. Ini dilakukan agar sistem kelistrikan sepeda motor tetap aman terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com