Mengenal Jenis dan Fungsi Sekring pada Sepeda Motor

Kompas.com - 23/05/2021, 17:21 WIB
kondisi sekring wikihow.comkondisi sekring

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh sepeda motor dilengkapi dengan sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan selalu memiliki potensi untuk terjadi korsleting atau hubungan pendek arus listrik. 

Tentu saja kejadian korsleting dapat membahayakan pengendara. Pada kasus tertentu, korsleting dapat menimbulkan kebakaran.

Maka dari itu, sistem kelistrikan pada sepeda motor wajib dilengkapi dengan pengaman. Pengaman ini yang dinamakan sekring. Meski ukurannya kecil, perannya sangat penting.

Baca juga: Cek Harga Toyota Avanza Bekas Tahun Tua di Akhir Mei 2021

"Sekring berfungsi untuk memutus arus jika terjadi korsleting di rangkaian kelistrikan tersebut," ungkap Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sekring tabung (tube fuse)Istimewa Sekring tabung (tube fuse)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di dunia otomotif sepeda motor, dikenal dua jenis sekring, yaitu sekring tabung (tube fuse) dan sekring tancap (fuse blade).

Sekring tabung memiliki bentuk tabung transparan. Sekring jenis ini jamak ditemukan di berbagai sepeda motor keluaran tahun lama.

Baca juga: Daftar Lelang Mobil Pelat Merah Akhir Mei 2021

Sementara sekring tancap lebih umum ditemukan di berbagai sepeda motor baru. Sesuai dengan namanya, sekring tancap dipasang dengan cara ditancapkan.

Khusus pada jenis sekring tancap, terdapat varian warna guna menunjukkan besaran kemampuan untuk dilalui arus listrik, dilambangkan dengan satuan Ampere (A).

Kode warna di sekring tancap berlaku universal. Berikut ragam warna beserta spesifikasi sekring tancap pada sepeda motor.

Sekringyoutube.com Sekring

  • Oranye - 5A
  • Merah - 10A
  • Biru - 15A
  • Kuning - 20A
  • Bening atau ungu - 25A
  • Hijau - 30A

Baca juga: Begini Metode Tambal Ban Tubeless yang Benar

Untuk perawatan, sekring dan kotak sekring bukanlah piranti yang mudah rewel. Namun seiring bertambahnya usia kendaraan, kotak sekring bisa mengalami kerusakan karena kabel-kabel yang makin kaku dan soket-soket yang berkarat karena teroksidasi.

Maka dari itu, pembersihan kotak sekring perlu dilakukan. Caranya menggunakan penetran dan menyikat sekring beserta kotaknya satu per satu dengan kuas. Setelah itu keringkan dengan lap.

Jika sekring sudah terlihat gosong, segera ganti dengan yang baru. Ini dilakukan agar sistem kelistrikan sepeda motor tetap aman terjaga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X