Kompas.com - 23/05/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi ban mobil Dok. ShutterstockIlustrasi ban mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan yang menunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Namun masih banyak orang yang jarang memperhatikan kondisi ban dan kapan harus menggantinya.

Karena terbuat dari bahan karet, ban memiliki masa berlaku dan termasuk dalam komponen fast moving.

Maka dari itu pengecekan terhadap kondisi ban harus dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pecah ban saat melakukan perjalanan.

Baca juga: Kendala yang Dihadapi Bus Tingkat Saat Lewati Sitinjau Lauik

Dengan mengetahui kondisi ban, pemilik kendaraan akan tahu kapan waktunya untuk mengganti ban.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban? On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal juga mengatakan, jika kondisi ban masih bagus dan masih layak untuk digunakan, pemilik kendaraan tidakm perlu menggantinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ban itu dilihat layak atau tidaknya dari fisik, dari tinggi kembangan ban jika masih diatas 1,6 mm untuk ban mobil penumpang dan tidak memiliki cacat atau kerusakan maka masih bisa dipakai," kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (22/5/2021).

Ilustrasi membaca kode produksi ban mobil untuk mengetahui usia banGridOto.com Ilustrasi membaca kode produksi ban mobil untuk mengetahui usia ban

Menurut Zulpata, kode produksi yang ada pada ban diperlukan untuk kebutuhan pabrik untuk tracing dan tidak ada hubungannya dengan usia ban. Selain itu juga bisa untuk melihat kapan ban diproduksi.

“Ban harus diganti jika kondisi fisiknya sudah tidak layak. Misal sudah gundul, sobek, atau ada kerusakan di beberapa bagian yang memang tidak bisa diperbaiki lagi,” ucap Zulpata.

Baca juga: Cek Harga Toyota Avanza Bekas Tahun Tua di Akhir Mei 2021

Kerusakan pada ban biasanya meliputi beberapa bagian telapak ban yang sudah menggembung, Flat Spot akibat panic brake, dan juga ban yang aus tidak merata yang mengganggu kenyamanan saat berkendara. Menurut Zulpata, usia ban di atas lima tahun masih bisa dipakai asalkan dengan syarat.

“Kalau kedalaman kembang ban masih tinggi, enggak ada kerusakan apa-apa, aman untuk digunakan, pakai saja tidak masalah,” ucap Zulpata.

Tipe kembangan ban mobil jenis basic patter atau dasar. model ini bisa dirotasi dari kiri ke kanan maupun depan ke belakang.PT Gajah Tunggal Tipe kembangan ban mobil jenis basic patter atau dasar. model ini bisa dirotasi dari kiri ke kanan maupun depan ke belakang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.