Terjadi Lagi, Pengemudi Mobil Halangi Laju Ambulans

Kompas.com - 20/05/2021, 15:01 WIB
Tangkapan layar bToyota Fortuner halangi ambulans yang melintas di Pare, Kediri, Jawa Timur Kamis (20/5/2021) Info kediri rayaTangkapan layar bToyota Fortuner halangi ambulans yang melintas di Pare, Kediri, Jawa Timur Kamis (20/5/2021)
|

KEDIRI, KOMPAS.com - Kembali beredar video mobil sengaja menghalangi laju ambulans pada saat di jalan raya. Video tersebut diunggah oleh akun instagram @infokediriraya pada Kamis, (20/5/2021).

Dalam video tersebut terdapat mobil SUV putih yang melaju di jalan selatan perempatan Sambirejo, Pare, Kediri menghalangi laju ambulans yang sedang membawa pasien dalam kondisi darurat.

Dituliskan dalam postingan tersebut, ambulans sedang membawa pasien kanker stadium 4 menuju Rumah Sakit Bhayangkara.

Baca juga: Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mobil Matik Jalan Menanjak

Pengguna Toyota Fortuner dengan nomor polisi AG 1788 EV terlihat tidak meminggirkan kendaraanya bahkan malah melakukan pengereman. Hal tersebut dapat dilihat dari indikasi lampu rem kendaraan yang menyala tetapi masih di tengah jalan raya.

Ini tentu saja menghambat perjalanan dari ambulans yang sedang dalam kondisi darurat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFO KEDIRI RAYA (@infokediriraya)

Perlu diketahui, mobil ambulans yang sedang membawa pasien darurat termasuk dalam kendaraan yang memiliki prioritas di jalan raya dan harus didahulukan.

Biasanya kendaraan prioritas akan memberikan tanda berupa sirine dan lampu strobo.

Sebagaimana dijelaskan dalam aturan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), Nomor 22 tahun 2009, ambulans merupakan salah satu kendaraan yang mendapatkan prioritas khusus di jalan raya.

Baca juga: Ini Perbedaan Sanksi Pengendara Tidak Membawa SIM dan Tak Memiliki SIM

Selain ambulans, ada bebera kendaraan lain yang mendapat prioritas di jalan raya menurut pasal 134 Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) nomor 22 tahun 2009 yakni sebagai berikut.

terlihat Toyota Fortuner halangi laju ambulans di Kediri, Jawa Timur, Kamis (20/5/2021)info kediri raya terlihat Toyota Fortuner halangi laju ambulans di Kediri, Jawa Timur, Kamis (20/5/2021)

  1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
  2. Ambulans yang mengangkut orang sakit.
  3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
  4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
  5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
  6. Iring-iringan pengantar jenazah.
  7. Konvoi dan atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pada ayat pertama pasal tersebut dijelaskan bahwa kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 134 UU LLAJ, harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirene.

Baca juga: Beredar Rendering Yamaha R15 v4, Makin Mirip Moge Supersport

Dalam video tersebut, mobil ambulans telah memberikan isyarat dengan membunyikan sirine bahkan sampai klakson beruntun untuk pengendara SUV tersebut.

Ambulans juga telah menyalakan lampu merah dan biru yang seharusnya dapat dilihat oleh pengemudi Fortuner, namun kendaraan tersebut tidak memberi jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.