Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Meleng, Naik Motor Butuh Konsentrasi Penuh

Kompas.com - 20/05/2021, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video beredar di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor nyaris menabrak mobil di depannya karena meleng.

Namun dalam video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4 tersebut, pengendara itu masih dapat mengerem tepat waktu sehingga tidak menabrak mobil depan.

Baca juga: Ini Perbedaan Sanksi Pengendara Tidak Membawa SIM dan Tak Memiliki SIM

Dalam video tersebut terlihat pengendara itu dalam keadaan pelan, tapi perilaku sering tidak melihat jalanan di depannya sangat berbahaya di jalan raya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, berkendara merupakan aktivitas yang butuh fokus utama. Sebab kecelakaan bisa terjadi dalam hitungan detik.

“Kebanyakan orang yang tidak fokus adalah orang-orang yang bergerak di jalan raya," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Upaya Pertamina Kirim BBM ke Daerah Terpencil

Pengendara motor kata Jusri, selain harus fokus juga selalu menjaga jaga jarak antar kendaraan, apalagi dalam kecepatan tinggi.

Naik motor saat musim hujan Foto: Yamaha Naik motor saat musim hujan

Eka Yolahati, instruktur keselamatan berkendara dari PT Indako Trading Medan, mengatakan, pendangan mata merupakan hal krusial saat naik motor.

"Pandangan harus lurus ke depan dengan sesekali memperhatikan kiri kanan atau sekeliling motor namun hanya sepersekian detik," ujar Eka.

Pemotor juga tak cukup mengandalkan kaca spion untuk melihat kondisi belakang. Sebab spion masih memiliki titik buta yang membuat kendaraan lain tidak terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com