BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan ExxonMobil
BRANZVIEW

Pemilik Kendaraan Harus Tahu, Ini 5 Fungsi Oli Mesin pada Mobil

Kompas.com - 17/05/2021, 12:08 WIB
Ilustrasi oli bekerja pada mesin mobil DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi oli bekerja pada mesin mobil
|

KOMPAS.comPelumas merupakan salah satu elemen penting untuk menjaga atau melindungi komponen mesin mobil agar bekerja secara optimal. Fungsinya hampir sama seperti darah pada tubuh manusia, yakni mengalir ke seluruh organ dan memastikan semua berjalan dengan baik.

Bila tubuh manusia memerlukan jantung untuk memompa darah, pelumas mobil juga membutuhkan pompa oli di mesin.

Saat dipompa, oli akan melewati filter sebelum dialirkan ke seluruh komponen. Bagian filter ini akan menjamin oli yang hendak dialirkan bersih dari endapan karbon atau partikel logam.

Baca juga: Enggak Perlu Pusing, Ini 5 Cara Mudah Merawat Mobil Selama Ramadhan

Selanjutnya, oli akan mengalir masuk ke saluran atau celah-celah perangkat mesin untuk menjalankan beberapa tugas. Untuk mengetahui tugas dan peranan oli pada mesin mobil, simak ulasan berikut.

1. Mengurangi gesekan

Mesin mobil terdiri dari beberapa komponen yang bergerak dan saling bergesekan. Nah, di sinilah oli memainkan peran untuk mengurangi efek gesekan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika komponen mesin tidak mendapatkan cukup pelumasan, mesin bisa cepat aus. Ujungnya, performa mobil akan menurun dan tidak optimal. Bahkan, mobil bisa mengalami turun mesin atau mogok jika oli tidak diganti secara berkala.

2. Cairan pembersih mesin

Selain mengurangi gesekan antarkomponen, oli bertugas untuk membersihkan mesin. Saat bersirkulasi, oli akan membawa atau mendorong setiap kotoran, seperti sisa karbon pembakaran atau partikel logam akibat gesekan ke penampung oli.

Di dalam penampung oli, kotoran-kotoran tersebut akan disaring dan dikumpulkan oleh magnet yang telah terpasang.

Ilustrasi oli mendinginkan dan melindungi komponen mesin mobilDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi oli mendinginkan dan melindungi komponen mesin mobil

3. Mendinginkan mesin

Gesekan antarkomponen pada mesin mobil menghasilkan suhu panas yang cukup tinggi. Selain itu, panas juga dihasilkan saat pembakaran bahan bakar dan oksigen dilakukan di ruang mesin.

Pada proses tersebut, oli bertugas mendinginkan komponen mesin, terutama piston dan dinding silinder dengan menyerap panas. Alhasil, suhu pada mesin mobil akan terjaga dan menghindari overheat atau panas yang berlebihan.

4. Menghemat bahan bakar

Secara tidak langsung, oli memengaruhi tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar. Pasalnya, gesekan yang terjadi pada komponen mesin menyebabkan jumlah energi yang disalurkan tidak sama dengan energi yang diterima dari pembakaran bahan bakar.

Pada bagian tersebut, oli akan memainkan perannya dalam menurunkan koefisien gesek dan menekan energi yang terbuang dari setiap gesekan yang terjadi.

Untuk hasil yang optimal, pemilik mobil juga harus cermat menggunakan pelumas sesuai dengan spesifikasi kendaraannya, terutama terkait kekentalan atau viscosity dan kandungan adiktif yang terkandung pada oli.

ExxonMobil melalui merek Mobil Lubricants meluncurkan beberapa produk yang telah memenuhi standar terbaru American Petroleum Institute SP (API SP).DOK. EXXONMOBIL ExxonMobil melalui merek Mobil Lubricants meluncurkan beberapa produk yang telah memenuhi standar terbaru American Petroleum Institute SP (API SP).

Atas dasar itu, ExxonMobil melalui merek Mobil Lubricants meluncurkan beberapa produk yang telah memenuhi standar terbaru American Petroleum Institute SP (API SP), salah satunya Mobil Super™ All-in-One Protection 0W-20.

Mobil Super™ All-in-One Protection merupakan pelumas full synthetic dengan standar API SP di Indonesia yang dilengkapi dengan heat activated anti-wear molecule. Dengan molekul pintar ini, suhu mesin mobil akan tetap terjaga sepanjang perjalanan.

Pasalnya, saat mesin semakin panas, molekul tersebut akan semakin melindungi komponen-komponen di dalamnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelumas Mobil Super™, silakan kunjungi laman berikut.

5. Mencegah karat

Seperti diketahui, komponen-komponen mesin mobil sebagian besar terbuat dari logam. Oleh karena itu, mesin memerlukan oli berkualitas untuk mencegah karat pada permukaan logam. Di sinilah peran pelumas.

Oli akan melumasi permukaan logam sehingga komponen mesin tetap terlindungi dan terbebas dari oksidasi yang menyebabkan timbulnya karat.

Itulah beberapa fungsi oli pada mesin mobil. Dengan mengetahui fungsi-fungsi tersebut, Anda sebagai pemilik mobil bisa lebih cermat dalam merawat kendaraan, terutama dalam hal pemilihan oli mobil. Sebab, oli berkualitas yang sesuai standar membuat mobil Anda #LebihTerawatLebihTerjangkau.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya