Sepeda Motor Terbanyak Dipaksa Putar Balik Selama Larangan Mudik

Kompas.com - 15/05/2021, 07:02 WIB
Sejumlah petugas Kepolisian memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang. ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAHSejumlah petugas Kepolisian memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

JAKARTA, KOMPAS.com – Puluhan ribu kendaraan dipaksa putar balik Polda Metro Jaya selama 8 hari Operasi Ketupat Jaya 2021 yang telah berlangsung sejak 6 Mei lalu.

“Total jumlah kendaraan yang diputar balik 64.612,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, dilansir dari keterangan resminya (14/5/2021).

Untuk mencegat kendaraan yang digunakan para pemudik, kepolisian membuat 21 titik penyekatan dan 23 titik pemeriksaan atau checkpoint di seluruh wilayah hukum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Baca juga: Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

Petugas Kepolisian menghalau pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Petugas Kepolisian menghalau pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

Jenis kendaraan yang paling banyak diperintahkan putar balik adalah sepeda motor, yaitu 47.627 kendaraan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Polda Metro Jaya juga memutar balik 13.880 mobil pribadi, 2.556 kendaraan umum dan 549 angkutan barang.

Total kendaraan yang diperiksa pada 44 pos penyekatan dan checkpoint tersebut mencapai 131.218 kendaraan.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kurang Tekanan Udara atau Kelebihan Udara?

Penyekatan Mudik di CikampekJASA MARGA Penyekatan Mudik di Cikampek

Selain itu, dalam Operasi Ketupat Jaya tersebut polisi juga memergoki sejumlah travel gelap yang mencoba melintasi pos penyekatan mudik.

Yusri menambahkan, totalnya ada 17 travel gelap yang diputarbalik Dilantas Polda Metro Jaya selama periode tersebut.

Untuk diketahui, kegiatan penyekatan mudik 2021 ini melibatkan juga personel Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta.

Operasi pada 6-17 Mei 2021 tersebut digelar untuk menekan arus mudik karena kasus Covid-19 melonjak setiap kali libur panjang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X