Lagi, Pengendara Motor Masuk Tol dan Tak Pakai Helm

Kompas.com - 14/05/2021, 12:28 WIB
pengendara motor masuk tol instagram.com/kompas.otomotifpengendara motor masuk tol


JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pengendara motor yang masuk jalan tol semakin marak terjadi di Indonesia. Kali ini terjadi di Tol Cikampek jelang Exit Jatiwaringin, Kamis (13/5/2021)

Dalam video berdurasi 12 detik yang diunggah oleh akun instagram @kompas.otomotif, terlihat jelas seorang pria yang membonceng wanita sedang berkendara santai pada lajur kiri Tol Cikampek.

Parahnya, pemotor tersebut bahkan tidak mengenakan helm yang merupakan piranti utama keselamatan saat mengendarai sepeda motor.

Aksi nekat pengendara motor itu berhasil diabadikan oleh salah satu warganet bernama Andre.

 

Ketika Kompas.com mencoba untuk menghubungi pihak Jasamarga, belum ada jawaban dan keterangan lebih lanjut terkait kejadian ini.

Baca juga: Ketahui Cara Benar Menghadapi Mobil Mogok di Jalan Raya

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengingat kasus ini bukan pertama kalinya terjadi, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengendara motor yang masuk tol memang sering terjadi dan mereka tidak pernah mau belajar risikonya.

“Waktu mau masuk jalur tol, dia tidak pernah membaca rambu-rambu, main asal tancap gas,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Otomotif (@kompas.otomotif)

Menurut Sony, memang sudah ada rambu dan sudah memenuhi syarat, namun tidak ada tanda khusus.

Mengingat masih ada faktor error yang dilakukan oleh pengendara motor yang masuk ke jalur tol, nampaknya rambu tersebut kurang diperhatikan.

“Sebaiknya diberikan lagi tanda khusus, misal marka jalan berwarna kuning dengan tulisan Jalan Tol. Dengan warna kuning di bawah atau aspal, lebih terlihat oleh pengendara motor daripada rambu yang di atas,” kata Sony.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X