Libur Lebaran, Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Mobil Saat Parkir

Kompas.com - 14/05/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi pencurian mobil. SHUTTERSTOCKIlustrasi pencurian mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan memprediksi bakal terjadi lonjakan arus lalu lintas selama periode libur Lebaran di beberapa titik tertentu, khususnya jalur wisata.

Hal tersebut sejalan dengan penurunan volume yang keluar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan aktivitas mudik tahun ini serta sudah dibukanya tempat wisata.

Bagi Anda yang berniat melakukan perjalanan singat selama liburan, selain diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, juga jangan lupa untuk waspada pada tindak kriminal.

Baca juga: Ini Cara Mudah Periksa Kondisi Oli Mobil

Ilustrasi pecahkan kaca mobilwww.bankrate.com Ilustrasi pecahkan kaca mobil

Terkhusus, ketika mobil sedang diparkir di ruang terbuka sebagaimana dikatakan oleh Jusri Pulubuhu, Training Director sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), belum lama ini.

"Terutama ketika akan parkir, jangan sembarang di pinggir jalan bila memang akan ditinggal cukup lama. Lebih baik cari parkiran yang aman atau memiliki pos keamanan," ucap Jusri kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalau tak ada parkiran umum, usahakan mencari lokasi yang terbuka agar mudah terlihat dan ramai lalu-lalang masyarakat. Setidaknya hal tersebut bisa meminimalkan adanya aksi pembobolan.

Bila memang terpaksa, jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam mobil, seperti ponsel, laptop, dan perhiasan. Barang-barang itu harus ikut dibawa keluar.

"Cari lokasi parkir yang aman dan ramai, meski kita harus jalan sedikit lebih jauh ke lokasi yang dituju, tapi lebih baik dibandingkan mengalami kerugian. Keamanan dan kenyamanan adalah pilihan, mau atau tidak, tinggal itu saja," ucap Jusri.

Baca juga: Paksa Nyalakan Mesin Mobil dengan Didorong, Bikin Rusak Transmisi

Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobilwhichcar.co.au Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobil

"Semua barang berharga jangan pernah ditinggal. Bila tidak memungkinkan untuk dibawa, letakkan di tempat yang tersembunyi. Intinya, jangan mencolok atau mengundang perhatian dari luar kabin," lanjut dia.

Tak hanya itu, pastikan juga kondisi perangkat keamanan pada mobil seperti alarm. Meskipun tak menjadi jaminan, paling tidak bisa mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan.

"Kesimpulannya, di mana pun itu kita harus tetap waspada. Jangan menyepelekan hal-hal kecil yang tanpa disadari justru menimbulkan kerugian bagi diri sendiri," ujar Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.