Libur Lebaran, Ini Cara Supaya Mobil Berkelir Putih Tidak Menguning

Kompas.com - 11/05/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi mencuci mobil PurestockIlustrasi mencuci mobil
|

JAKARTA,KOMPAS.com - Menghabiskan periode libur lebaran dengan mengistirahatkan sekaligus merawat kendaraan merupakan salah satu alternatif menarik di samping bersilaturahmi dengan tetangga.

Apalagi, mobil yang digunakan menjadi kendaraan bermotor harian alias digunakan setiap hari dengan intensitas cukup tinggi. Sehingga, berikan waktu luang baginya sangat penting.

Adapun salah satu perwatan yang bisa dilakukan mandiri di rumah ialah menekan potensi cat eksterior menguning atau memudar.

Baca juga: Pengendara Motor Hajar Polisi Tidur, Pembonceng Mental ke Aspal

Cuci mobil semi manualKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil semi manual
 

Fikri Fitramadhan dari Detail N Co mengatakan, biasanya mengusamnya warna pada cat mobil mayoritas terjadi akibat kebiasaan mencuci mobil, yang dilakukan di bawah matahari langsung. Atau bisa juga ketika kondisi bodi mobil masih panas.

"Warna putih merupakan warna yang sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga butuh perhatian ekstra," katanya belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia melanjutkan, mencuci mobil saat kondisi bodi masih panas membuat sisa air di permukaan bodi lebih cepat mengering. Akibatnya bakal timbul water spot pada bodi mobil.

Faktor lainnya, pemilik yang malas membersihkan mobil usai digunakan harian sehingga debu dan bercak air dibiarkan mengering dengan sendirinya.

Hal senada dikatakan Buddy Sukmawan, Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Singosari dalam kesempatan terpisah.

Menurut dia, pada dasarnya warna putih memiliki pigmen yang lebih berat dibandingkan warna lain.

 Baca juga: Halau Pemudik Nekat Jelang Lebaran, Penyekatan Dibuat Berlapis-lapis

Suzuki ErtigaKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga
 

Kemudian, dalam jangka waktu tertentu pigmen itut bisa masuk ke dalam lapisan bawah cat. Sementara campuran lain naik ke permukaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X