Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati?

Kompas.com - 11/05/2021, 10:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Sepeda motor dengan mesin berteknologi injeksi dibekali banyak lampu indikator pada panel instrumennya. 

Lampu-lampu indikator ini akan menyala bersamaan saat kunci kontak diputar pada posisi on. Selang beberapa detik, beberapa lampu indikator tersebut akan mati dan ada yang tetap menyala.

Lantas, apakah benar bahwa untuk menyalakan mesin motor injeksi wajib menunggu beberapa lampu indikator tersebut mati terlebih dulu?

Baca juga: Jangan Panik Saat Mengalami Rem Blong, Begini Cara Antisipasinya

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan bahwa sebenarnya tidak masalah langsung menyalakan mesin ketika lampu indikator masih menyala.

Berselang beberapa detik setelah kontak diposisikan on, maka indikator akan mati dan speedometer kembali pada posisi nol. Inilah waktu yang tepat menyalakan motor injeksi Fachri Fachrudin Berselang beberapa detik setelah kontak diposisikan on, maka indikator akan mati dan speedometer kembali pada posisi nol. Inilah waktu yang tepat menyalakan motor injeksi

"Sebenarnya langsung menyalakan mesin juga tidak masalah. Namun alangkah baiknya tunggu beberapa detik supaya pompa bahan bakar memberikan tekanan ke injektor dulu," kata Endro saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Endro juga mengatakan bahwa lampu indikator yang menyala menandakan sistem sedang melakukan pengecekan pada mesin motor. Selain itu, dengan menunggu lampu indikator mati berarti menandakan bahwa sistem injeksi tidak ada masalah.

Baca juga: Catat Ini Waktu Dispensasi Bayar Pajak Kendaraan

Rendra Kusuma selaku Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta juga memiliki pendapat yang senada.

Tidak ada dampak serius yang ditimbulkan jika langsung menyalakan mesin motor tanpa menunggu lampu indikatornya mati terlebih dulu. Tindakan tersebut sebagai bentuk perawatan agar mesin motor lebih awet.

"Sebaiknya menunggu hingga beberapa detik sebelum menyalakan mesin motor injeksi. Ibaratnya kan seperti komputer. Setelah dinyalakan, maka loading dulu," kata Rendra.

Lampu indikator di motor injeksikompasiana Lampu indikator di motor injeksi

Renda melanjutkan, seketika kontak dalam posisi on, pompa bahan bakar belum bekerja seperti standar optimal mesin. Akibatnya, di awal mesin motor tidak langsung bekerja di suhu optimum.

Baca juga: Yamaha Rilis Video Pendek, Teaser R7?

Oleh karena itu, sistem pada motor membutuhkan waktu untuk penyesuaian. Jika mesin langsung dinyalakan setelah kontak diposisikan dalam keadaan on, maka yang terjadi adalah penggunaan bahan bakarnya akan lebih banyak.

Menurut Rendra, pengaruh lainnya adalah motor juga bisa sulit dinyalakan. Sebab, mesin belum menyesuaikan kondisi suhu lingkungan.

Perlu diketahui, bahwa sistem injeksi menyimpan data saat mesin motor dimatikan. Maka itu, saat dihidupkan kembali tanpa menunggu indikator mati, data lama atau data ketika dimatikan itulah yang akan digunakan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com