Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Lebaran, Ini Cara Supaya Mobil Berkelir Putih Tidak Menguning

JAKARTA,KOMPAS.com - Menghabiskan periode libur lebaran dengan mengistirahatkan sekaligus merawat kendaraan merupakan salah satu alternatif menarik di samping bersilaturahmi dengan tetangga.

Apalagi, mobil yang digunakan menjadi kendaraan bermotor harian alias digunakan setiap hari dengan intensitas cukup tinggi. Sehingga, berikan waktu luang baginya sangat penting.

Adapun salah satu perwatan yang bisa dilakukan mandiri di rumah ialah menekan potensi cat eksterior menguning atau memudar.

Fikri Fitramadhan dari Detail N Co mengatakan, biasanya mengusamnya warna pada cat mobil mayoritas terjadi akibat kebiasaan mencuci mobil, yang dilakukan di bawah matahari langsung. Atau bisa juga ketika kondisi bodi mobil masih panas.

"Warna putih merupakan warna yang sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga butuh perhatian ekstra," katanya belum lama ini.

Ia melanjutkan, mencuci mobil saat kondisi bodi masih panas membuat sisa air di permukaan bodi lebih cepat mengering. Akibatnya bakal timbul water spot pada bodi mobil.

Faktor lainnya, pemilik yang malas membersihkan mobil usai digunakan harian sehingga debu dan bercak air dibiarkan mengering dengan sendirinya.

Hal senada dikatakan Buddy Sukmawan, Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Singosari dalam kesempatan terpisah.

Menurut dia, pada dasarnya warna putih memiliki pigmen yang lebih berat dibandingkan warna lain.

Kemudian, dalam jangka waktu tertentu pigmen itut bisa masuk ke dalam lapisan bawah cat. Sementara campuran lain naik ke permukaan.

"Dengan sifat pigmen tersebut, maka dalam jangka waktu tertentu yang biasanya cukup lama akan membuat warna tadi menimbulkan efek menguning. Terutama untuk warna white pearl, itu cukup sering kejadian," ujar Buddy.

Adapun rata-rata jangka waktu proses menguning pada kelir putih bisa terjadi saat mobil berusia di atas tiga tahun.

Bahkan akan lebih cepat bila pemilik mobil terbilang jorok dalam merawat mobil, seperti jarang mencuci, parkir di tempat terbuka, dan kurang perawatan.

"Kalau dipoles itu tidak jaminan, kalau kotoran mungkin bisa di poles, tapi kalau menguning pada warna putih itu karena bukan hanya di permukaan tapi di bagian lapisan cat juga," katanya.

"Maka solusinya di repaint kembali dengan catatan kembali ke warna standar," ucap Buddy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/11/174100615/libur-lebaran-ini-cara-supaya-mobil-berkelir-putih-tidak-menguning

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke