Ingat, Busi Kendaraan Juga Perlu Diganti secara Berkala

Kompas.com - 10/05/2021, 04:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi merupakan salah satu komponen yang vital pada kendaraan karena berpengaruh terhadap performa mesin. Untuk itu, kondisi busi mobil atau sepeda motor wajib diperhatikan.

Tak banyak pemilik mobil dan motor yang paham bahwa busi juga perlu diganti secara berkala. Pergantian busi ini bisa dilakukan dengan mengacu pada jarak atau waktu, yang penting lihat bagaimana kondisi pemakaiannya.

"Kalau dari pihak produsen mobil biasanya dibatasi dari jarak, tapi dari kami tidak ada batasan baku karena memang tergantung banyak hal," ujar Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Apakah Ada Hubungan Antara Kualitas BBM dengan Busi Kendaraan

Diko menambahkan, jika ditanya baiknya ganti berdasarkan waktu atau jarak, sebenarnya hal tersebut tinggal melihat dari situasi dan kondisi saja.

Cek busi motor sendiri saat WFHNGK Cek busi motor sendiri saat WFH

"Situasi dan kondisi yang dimaksud lebih ke kondisi jalan dan pemakaian kendaraan," kata Diko.

Jika pemakaian kendaraan lebih sering bertemu kemacetan atau lebih sering diam dibandingkan dipakai jalan, sebaiknya ganti busi berdasarkan waktu pemakaian.

Namun, untuk mobil yang sudah dimodifikasi bagian mesinnya, tentu membutuhkan perlakuan yang berbeda. Sebab, busi akan bekerja lebih keras dibanding mesin dalam kondisi standar.

Baca juga: Optimasi Mesin Motor Harian, NGK Luncurkan Busi MotoDX

"Seperti yang saya bilang, faktor komponen penentunya banyak. Saran saya lebih baik ikuti anjuran bengkel resmi, atau bila mau lebih pasti, khususnya pengguna di Jakarta, lakukan pengecekan berkala seperti tiga atau empat bulan sekali," ujar Diko.

Diko mengatakan, bila memang sudah tidak baik, bisa segera ganti untuk jaga-jaga tanpa tunggu jarak yang sudah ditentukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.