Apakah Ada Hubungan Antara Kualitas BBM dengan Busi Kendaraan

Kompas.com - 06/05/2021, 10:22 WIB
Pelawak Denny Cagur terlihat mengisi bahan bakar mobil Rolls Royce Raffi Ahmad dengan bensin eceran. Instagram/Denny CagurPelawak Denny Cagur terlihat mengisi bahan bakar mobil Rolls Royce Raffi Ahmad dengan bensin eceran.

JAKARTA, KOMPAS.comBusi adalah komponen penting pada kendaraan dengan mesin pembakaran dalam. Fungsi busi adalah memantikkan api sehingga bahan bakar yang ada di ruang mesin terbakar dan piston jadi bergerak turun.

Dalam ruang bakar, selain busi tentunya bahan bakar juga termasuk komponen penting. Bahan bakar yang digunakan pada mesin sebenarnya sudah ada standar sesuai anjuran pabrikan.

Jika bahan bakar yang digunakan ternyata kualitasnya jauh di bawah rekomendasi pabrikan, apakah berpengaruh pada usia pakai busi?

Baca juga: Pilihan Motor Bebek Bekas Harga Rp 5 Jutaan di Surabaya, Jawa Timur

NGK rilis MotoDX busi khusus sepeda motorNGK NGK rilis MotoDX busi khusus sepeda motor

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, memakai bahan bakar yang kurang bagus bisa berdampak ke usia pakai busi.

“Saat oktan bahan bakarnya rendah, maka pembakarannya kurang sempurna. Hasilnya, bisa menimbulkan jelaga atau residu, sehingga bisa memperpendek umur busi,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Buat Lebaran, Cek Harga Motor Bebek Mei 2021

Namun Suparna mengatakan, tidak ada angka pasti sebesar apa pengurangan usia pakai dari busi ketika menggunakan bahan bakar berkualitas jelek. Misalnya busi bisa berumur 40.000 km, cuma karena bahan bakarnya jelek, bisa setengahnya sudah harus ganti yang baru.

“Kenapa bisa berkurang, karena jelaga tadi menutupi busi. Sehingga busi sering mengalami overheat dan mempercepat matinya busi,” kata Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.