Mau Bikin Setang Motor Lebih Tinggi, Pahami Dulu Hal Berikut Ini

Kompas.com - 08/05/2021, 15:42 WIB
Posisi duduk sangat nyaman, tapi setang yang sedikit rendah membuat bodi agak menunduk. M Ghalib for KompasOtomotifPosisi duduk sangat nyaman, tapi setang yang sedikit rendah membuat bodi agak menunduk.

SOLO, KOMPAS.com - Posisi duduk tegak dalam berkendara sepeda motor jadi posisi paling nyaman ketika berkendara. Ini karena posisi duduk tersebut membuat punggung tidak mudah lelah.

Meski begitu, sebagian pengendara merasa kesulitan untuk duduk tegak saat berkendara dengan setang motor yang masih standar. Oleh karena itu, beberapa pengendara memodifikasi sepeda motornya dengan cara meninggikan posisi setang.

Ada beberapa cara dalam meninggikan setang. Selain mengganti jenis setang dengan variasi yang lebih tinggi, ada pula yang memasang raiser atau peninggi.

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik Lokal, Ini Kendaraan yang Boleh Melintas

Pivot Raiser Handlebar pada ADV 150Farhan Pivot Raiser Handlebar pada ADV 150

Namun, apakah aman memodifikasi setang agar posisinya lebih tinggi?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Mekanik Bengkel Ahass Sumber Motor Sragen, Joko Suparman, mengatakan bahwa memasang raiser atau mengganti setang dengan variasi yang lebih tinggi demi alasan kenyamanan sebenarnya sah-sah saja, tapi perlu mempertimbangkan beberapa hal.

"Sebenarnya dari pabrikan sudah memperhitungan tinggi stang motor dengan panjang kabel dan selang yang menyambung pada stang seperti kabel gas, kabel tuas kopling, dan selang rem. Pemasangan raiser yang sembarangan tanpa memperhitungan dan menyesuaikan panjang kabel-kabel tersebut yang berbahaya," kata Joko kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Nasib Avanza dan Innova di Pasar Mobil Bekas Setelah Insentif Pajak

Joko mengatakan bahwa ada risiko kerusakan pada kabel dan selang yang tersambung pada setang jika memodifikasi setang tanpa perhitungan. Ia juga menjelaskan ada risiko lain yang menghantui.

Raiser sebagai peninggi pada stang motor.CB Blogger Raiser sebagai peninggi pada stang motor.

"Saat berkendara di jalan lurus mungkin tidak terasa, tapi saat berbelok terkadang kabel bisa mentok. Jika terlalu mentok, bisa memperpendek umur kabel dan selang itu. Risiko terburuk bisa menyebabkan kecelakaan," kata Joko menambahkan.

Ia menegaskan, perlu perhitungan yang matang ketika ingin mengganti setang motor atau memasang raiser.

Baca juga: Yamaha XSR 155 Punya Baju Baru, Harga Sama

 

Jika memang diperlukan, ganti kabel-kabel dan selang tersebut dengan versi yang lebih panjang. Namun tetap harus memperhatikan kualitas sparepart tersebut agar tidak terjadi kerusakan di kemudian hari.

Penting untuk selalu diingat bahwa aspek keamanan dan kenyamanan berkendara tetap jadi poin paling utama ketika akan memodifikasi atau melakukan variasi pada kendaraan.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X