Penjualan Mobil Bekas Diklaim Naik karena Diskon PPnBM

Kompas.com - 07/05/2021, 07:22 WIB
Ilustrasi showroom mobil bekas Mobil88. Dok. Mobil88Ilustrasi showroom mobil bekas Mobil88.

JAKARTA, KOMPAS.comRelaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang mulai berlaku Maret-Mei 2021, tidak hanya berpengaruh positif terhadap penjualan mobil baru, tetapi juga ikut meningkatkan penjualan mobil bekas.

Sutadi, Chief Operating Officer Mobil88, mengatakan, bisnis mobil bekas merupakan turunan dari bisnis mobil baru.

Jika pasar mobil baru mengalami pertumbuhan karena ada diskon PPnBM, pasar mobil bekas ikut kena dampak.

Baca juga: Cara Bikin SIKM untuk Pengemudi yang Keluar Jabodetabek Selama Larangan Mudik

Konsumen mobil88 yang mencari mobil bekas.Istimewa Konsumen mobil88 yang mencari mobil bekas.

“Secara tren, karena ini bisnis mobil bekas sama dengan turunan mobil baru. Ini tentunya berdampak baik buat kita, walaupun secara normal market ini belum kembali,” ujar Sutadi, dalam konferensi virtual (6/5/2021).

“Tetapi trennya, di tahun 2021 lebih baik dibandingkan 2020. Kalau kita bandingkan Maret 2020 ke Maret 2021, itu jauh banget perbandingannya. Tahun ini sudah lebih baik,” kata dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Sutadi, naiknya permintaan mobil bekas juga didukung oleh pemerintah yang memberikan dukungan dari sisi finansial, yaitu program DP ringan dan bunga rendah.

“Bisnis otomotif ini tidak lepas dukungan dari financing, ini sangat penting. Dan kita dari bisnis otomotif used car tentunya tidak lepas. Kita kalau lihat dari penjualan Februari ke Maret, kita ada kenaikan sebesar 26 persen,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X