Selama Larangan Mudik, Ini Jalur Tikus yang Diawasi Polres Malang

Kompas.com - 07/05/2021, 06:39 WIB
Sebuah kendaraan memasuki lajur pemutaran balik di pos penyekatan mudik lebaran di sekitar Bendungan Ir Soetami, Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang yang dioperasikan Polres Blitar, Kamis (6/5/2021) Dok. Polres BlitarSebuah kendaraan memasuki lajur pemutaran balik di pos penyekatan mudik lebaran di sekitar Bendungan Ir Soetami, Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang yang dioperasikan Polres Blitar, Kamis (6/5/2021)

MALANG, KOMPAS.com - Hari pertama pelaksanaan larangan mudik Lebaran 2021, Polres Kabupaten Malang sudah melakukan pengawasan ketat di jalur masuk dan keluar Kabupaten Malang.

Terdapat titik-titik penyekatan seperti di Exit Tol Singosari, Pakis, dan Lawang. Selain itu ada pula penyekatan di Karangkates sebagai wilayah perbatasan Kabupaten Malang-Blitar, serta Sidorenggo sebagai perbatasan Kabupaten Malang-Lumajang.

Tidak hanya jalur-jalur utama, Kapolres Malang AKPB Hendri Umar juga menjelaskan bahwa personelnya telah menjaga jalur-jalur alternatif atau biasa disebut jalur tikus yang kemungkinan besar dimanfaatkan oleh pemudik.

Baca juga: PO Bagong Tambah Armada Bus Mesin Belakang, Pakai Bodi Avante

"Check point mandiri juga disiapkan pada jalur-jalur tikus yang dipergunakan para pemudik. Itu biasanya pada jalur-jalur antar desa," kata Hendri dalam keterangan resminya, Kamis (6/5/2021).

Kendaraan dari pintu Tol Singosari, Tol Pandaan-Malang saat antri di persimpangan Karanglo Kabupaten Malang, Senin (27/5/2019)KOMPAS.com / ANDI HARTIK Kendaraan dari pintu Tol Singosari, Tol Pandaan-Malang saat antri di persimpangan Karanglo Kabupaten Malang, Senin (27/5/2019)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guna pengamanan masa larangan mudik 2021 ini, Polres Kabupaten Malang telah menerjunkan total 250 personel yang bertugas. Jumlah tersebut terdiri dari 129 anggota Polres Kabupaten Malang dan 121 anggota Polsek setempat.

Selain itu, terdapat personel gabungan dengan total sebanyak 391 petugas. Personel gabungan ini terdiri dari anggota Kodim, Denpom, dan beberapa instansi lainnya.

Baca juga: Bus PO Haryanto Tabrak Truk di Gerbang, Kenapa Bus Rawan Rem Blong?

Hendri menegaskan bahwa pemudik yang masih nekat akan diperintahkan untuk segera putar balik kembali ke daerah asalnya.

Berikut beberapa jalur tikus yang sudah diamankan oleh Polres Kabupaten Malang.

  • Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo
  • Desa Kemiri, Kecamatan Jabung
  • Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo
  • Desa Kalirejo, Kecamatan Kalipare
  • Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X