Gubernur Jabar Ridwan Kamil Berkunjung ke Pabrik Motor Listrik Gesits

Kompas.com - 28/04/2021, 13:21 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik Gesits Dok. GesitsGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik Gesits

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil belum lama ini berkunjung ke pabrik sepeda motor listrik Gesits. Motor listrik buatan anak bangsa ini diproduksi di Kawasan Industri WIKA (KIW) Cileungsi, Bogor, milik PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA).

Tak hanya mengintip proses produksinya saja, Ridwan Kamil juga berkesempatan untuk menjajal langsung motor listrik Gesits.

Dia mengatakan, dalam kurun waktu 10 tahun, provinsi Jawa Barat akan memberlakukan aturan yang mewajibkan penggunaan kendaraan listrik mencapai 30 persen dari populasi.

Baca juga: Gesits Siap Serap Baterai Buatan Lokal

Menurutnya, efisiensi biaya menjadi salah satu alasan memutuskan untuk mengalihkan kendaraan operasional kedinasan menggunakan kendaraan listrik.

"Dengan kendaraan listrik, Pemda Provinsi Jawa Barat bisa menghemat pengeluaran anggaran biaya BBM hingga seperlimanya," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut, dalam keterangan resminya, Selasa (27/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ridwan Kamil menambahkan, dia mengapresiasi sebesar-besarnya atas keberhasilan PT WIMA telah berhasil mewujudkan kendaraan listrik yang merupakan suatu wujud nyata karya anak bangsa.

Baca juga: Target Penjualan Gesits 2021, Ikuti Kapasitas Produksi

Gesits sekarang ini telah menggunakan komponen dalam negeri sebesar 85 persen. Sehingga, untuk ketersedian spare part cukup terjamin. Untuk Nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), motor listrik ini diklaim mencapai 46,73 persen.

Direktur Utama PT WIMA Muhammad Samyarto, mengatakan, dirinya juga optimistis motor listrik Gesits menjadi salah satu solusi guna mendukung program pemerintah, dalam mengurangi penggunaan dan ketergantungan terhadap energi fosil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik GesitsDok. Gesits Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik Gesits

"Pembakaran bahan bakar fosil mengemisikan polutan ke udara dan menyebabkan polusi udara. Gesits siap mendukung kebijakan Pemerintah Jawa Barat untuk mengimplementasikan program renewable energy," kata Samyarto.

Samyarto menambahkan, Gesits optimistis dapat bekerja sama dalam membangun infrastruktur, termasuk melakukan sosialisasi penggunaan motor listrik di Jawa Barat.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.