10 Tips Aman Naik Motor Bonceng Anak Kecil

Kompas.com - 27/04/2021, 17:41 WIB
Tips aman boncengan dengan anak kecil YamahaTips aman boncengan dengan anak kecil
|

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor merupakan alat transportasi paling populer di Indonesia. Motor mendominasi jumlah kendaraan bermotor di Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 84 persen kendaraan di Indonesia ialah motor. Setiap rumah tangga setidaknya memiliki satu motor.

Motor tersebut digunakan sebagai alat transportasi utama untuk semua anggota keluarga. Termasuk untuk keluarga yang masih punya anak kecil.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas di Bawah Rp 100 Juta Jelang Lebaran

Kesalahaan pengemudi motor yang bonceng anakKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Kesalahaan pengemudi motor yang bonceng anak

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, berkendara bersama anak mesti diperhatikan.

"Pemahaman dalam berkendara perlu menjadi perhatian utama, apalagi saat berkendara bersama anak, yang tentunya butuh persiapan dan perencanaan," katanya dalam rilis resmi, Selasa (27/4/2021).

Karena itu Yamaha Riding Academy (YRA), memberikan tips cara aman berkendara menggunakan motor untuk keluarga khususnya saat membonceng anak kecil.

Baca juga: Kasus Covid-19 di India Makin Parah, Produksi Motor KTM Terhambat

Pijakan kaki anak di motorFoto: Yamaha Pijakan kaki anak di motor

Berikut 10 tips aman berkendara mengunakan motor bersama anak:

1. Gunakan perlengkapan berkendara untuk anak

Perlengkapan berkendara disesuaikan dengan ukuran anak, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu

2. Posisikan Anak Tepat di Belakang Pengendara

Disarankan posisi anak berada tepat di belakang pengendara dan hindari posisi anak di depan pengendara karena dapat mengganggu konsentrasi berkendara, selain itu agar anak terhindar dari angin dan debu.

3. Pastikan anak siap dibonceng

Pastikan postur tubuh dan umur anak siap untuk dibonceng. Jika postur tubuh anak masih terlalu kecil dan tidak siap, sebaiknya tidak berkendara berdua dengan anak dan lebih disarankan untuk naik kendaraan umum ataupun roda empat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X