Bendera Kuning di MotoGP Akan Diganti dengan Panel Lampu

Kompas.com - 26/04/2021, 10:12 WIB
Panel lampu sebagai pengganti bendera kuning di MotoGP Dok. FIAPanel lampu sebagai pengganti bendera kuning di MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem keamanan di MotoGP kembali akan ditingkatkan. Kali ini, muncul wacana untuk menggunakan panel LED sebagai pengganti bendera kuning.

Wacana tersebut muncul karena beberapa kali pebalap merasa dirugikan. Sebab, catatan waktunya dibatalkan karena tidak melihat bendera kuning yang dikibarkan marshal.

Kejadian terbaru dialami oleh Francesco Bagnaia, pebalap tim pabrikan Ducati tersebut dibatalkan catatan waktunya saat sesi kualifikasi.

Baca juga: Bendera Kuning, Bagnaia Gagal Start Paling Depan di GP Portugal

Bagnaia yang harusnya meraih pole position pun harus start dari urutan ke-11 di Sirkuit Portimao.

Francesco Bagnaia saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Francesco Bagnaia saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Valentino Rossi, pebalap paling senior di MotoGP, menyambut dengan positif wacana tersebut. Menurutnya, panel tersebut akan sangat berguna.

"Sebagaimana motor MotoGP yang kencang sekarang ini, bendera kuning sudah sangat ketinggalan zaman. Sangat sulit untuk melihatnya. Di Formula 1, kami melihat sinyal lampu ini sangat menolong," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Senin (26/4/2021).

Rossi menambahkan, kendala dari pengadaan panel ini adalah uang. Sebab, tidak murah untuk menempatkan panel LED di beberapa tikungan di sirkuit.

Baca juga: Gresini Racing Ingin Gandeng Indonesia untuk Proyek MotoGP 2022

Para pebalap MotoGP mengikuti sesi latihan bebas kedua MotoGP Portugal 2021 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Jumat (16/4/2021). AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Para pebalap MotoGP mengikuti sesi latihan bebas kedua MotoGP Portugal 2021 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Jumat (16/4/2021).

"Ini mahal, karena Anda membutuhkan banyak panel yang juga besar, seperti di Formula 1. Ide menggunakan panel sendiri sudah bagus, tetapi itu tergantung dari seberapa banyak dan seberapa besar," kata Rossi.

Menurut Rossi, panel LED akan lebih mudah dilihat dibandingkan bendera kuning. Namun, harus ditempatkan sesuai dengan tikungannya. Jika tikungan ke kiri, panel tersebut juga harus diletakkan di kiri agar bisa terlihat.

FIA juga sudah mengeluarkan mandat untuk semua sirkuit yang menggelar MotoGP agar menyediakan panel tersebut mulai 2022. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan pebalap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.