Kompas.com - 23/04/2021, 15:21 WIB
Ilustrasi mobil otonomos atau self-driving Tesla. Ilustrasi mobil otonomos atau self-driving Tesla.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini beberapa pabrikan otomotif sudah menyematkan teknologi masa depan pada mobilnya, khususnya autonomous (otonomos).

Sistem ini biasa disebut sebagai self-driving car, driveless car, atau robotic car, di mana selain manusia, mobil juga bisa dikendalikan oleh sistem komputer.

Meski teknologi ini dipercaya bisa mengurangi risiko kecelakaan di jalan, namun pada kenyataannya justru beberapa kecelakaan disebabkan oleh penggunaan fitur otonomos ini.

Baca juga: Modus Test Ride, Jangan Lalai Saat Jual Motor

Seperti kasus terbaru yakni dua penumpang Tesla Model S meninggal dunia setelah menabrak pohon di Carlton Woods pada Sabtu malam (17/4/2021).

Berdasarkan hasil penyelidikan tidak ada orang di belakang kemudi. Artinya, mobil tersebut melaju dengan sistem otonomos.

Bagi pemilik kendaraan dengan fitur otonomos, sebaiknya memahami ada lima kategori atau level mobil, sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Dikutip dari Techrepublic.com, simak ulasannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC).Honda Prospect Motor Fitur Adaptive Cruise Control (ACC).

Level 0

Ini merupakan tipe paling dasar, di mana manusia masih sepenuhnya melakukan kontrol pada kendaraan, mulai dari kemudi, rem, gas. Namun, sudah dilengkapi dengan fitur peringatan.

Level 1

Kategori ini, pengemudi masih tetap harus siap mengambil kendali setiap saat. Namun ada sitem otomatis yang terkadang bisa membantu manusia, misalnya Adaptive Cruise Control (ACC), Parking Assistance with automated steering, dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X