Kompas.com - 23/04/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi, banyak masyarakat yang tetap nekat untuk mudik meski sudah dilarang pemerintah. Saat pulang ke kampung halaman, tak sedikit yang khawatir meninggalkan sepeda motornya.

Apalagi, jelang lebaran biasanya kasus pencurian sepeda motor juga meningkat. Untuk itu, perlu lakukan tindakan preventif agar motor tidak dicuri maling.

Sekarang ini, di pasaran sudah banyak dijual berbagai kunci pengaman untuk motor. Model, harga, dan materialnya bervariasi.

Baca juga: Cara Bikin Ribet Maling Sepeda Motor

Penempatannya juga macam-macam, ada yang diletakkan di tuas rem, di rem cakram, di sokbreker depan, di kunci kontak, hingga penambahan alarm.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, mengatakan, kunci pengaman sebenarnya bukan sebagai anti maling.

“Semua peralatan tersebut hanya untuk mempersulit, memperlambat, atau bahkan mengurungkan niat pencuri. Karena akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengambil motor, kemungkinan bisa gagal saat menjalankan aksinya karena sudah keburu kepergok orang lain,” ujar Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Berikut ini beberapa jenis kunci pengaman beserta kelebihan dan kekurangannya:

1. Kunci Pengaman di Tuas Rem

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motortokopedia Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

Kunci pengaman ini bekerja dengan cara mengunci tuas rem dan tuas gas. Sehingga, meski kunci kontak bisa dijebol, maling tidak akan bisa mengoperasikan motor karena rem dan gas terkunci.

Namun, material besi yang digunakan biasanya kurang baik. Mekanisme di dalam lubang kunci mudah rusak. Kunci pengaman ini dipasarkan di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 125.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.