Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tips Mudah Mencegah Maling Motor

Kompas.com - 23/04/2021, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencurian sepeda motor biasanya marak terjadi saat bulan puasa atau jelang lebaran. Untuk itu, penting bagi semua pemilik motor agar meningkatkan keamanan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang mengatakan, meski tidak ada yang pasti, sebetulnya ada beberapa cara untuk mencegah kemalingan motor.

"Pertama parkir di tempat yang aman, lalu usahakan gunakan kunci tambahan (bisa berupa gembok atau rantai di bagian ban)," kata Agus, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Bikin Ribet Maling Sepeda Motor

Sekarang ini, sudah banyak dijual bermacam-macam kunci tambahan untuk meningkatkan keamanan motor. Ada yang ditempatkan di tuas rem, di rem cakram, di sokbreker, hingga di bagian kunci kontak.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Begitu pula dengan material yang digunakan.

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motorbukalapak Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

"Kunci pengaman tambahan pada dasarnya hanya berguna untuk mempersulit atau mencegah pelaku melakukan curanmor, tapi tidak menjamin mengagalkan aksi pencurian," kata Agus.

Agus menambahkan, selalu tutup slot di bagian kunci motor (kunci magnetik). Lalu, hal yang biasanya lupa dilakukan pemilik motor adalah mencabut kunci motor dan mengunci setang.

Baca juga: Adu Ilmu dengan Maling, Apa yang Mesti Dilakukan Pemilik Motor?

Selain menggunakan kunci tambahan, pengaplikasian alarm juga perlu agar motor semakin aman. Tindakan preventif ini dinilai cukup efektif.

Tapi, sebelum memasang alarm tambahan, ada yang perlu diperhatikan. Pada motor baru, pemasangan alarm tambahan dengan membuka salah satu kabel akan menggugurkan garansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com