Pamer Konten Naik Truk Oleng Berujung Terguling di Jalan

Kompas.com - 23/04/2021, 04:02 WIB
Dua truk balapan IstimewaDua truk balapan

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini marak beredar video bus dan truk oleng di media sosial. Aksi tersebut sengaja direkam dan diunggah ke media sosial demi mendapatkan ketenaran.

Seperti video yang viral di media sosial setelah diunggah oleh akun instagram Dashcam Indonesia.

Dalam rekaman tersebut, terlihat pengemudi truk bersama dengan kernetnya tengah melaju di malam hari. Sopir truk tersebut terlihat sengaja menunjukkan gayanya ketika membawa kendaraan besarnya secara oleng (ugal-ugalan).

Baca juga: Berencana Mudik Sebelum 6 Mei 2021, Ini Aturannya

Terlihat juga dalam video ada kaki yang diduga milik kernet truk ini diselonjorkan di atas dasbor. Beberapa kali terdengan suara sopir dan kernet yang mengaku bahwa truknya oleng.

Selang beberapa detik, sopir truk tersebut justru benar-benar kehilangan kendali hingga truk mengalami kecelakaan dan terguling di jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, prinsip pengemudi itu harus mampu menguasai kendaraan dan menjaga keamanan terhadap penumpangnya.

“Ingat di jalan umum semuanya mobile termasuk kendaraan yg dikemudikan. Di jalan raya tidak dibutuhkan kehebatan selain keamanan, jadi aksi-aksi yang ada di video serta yang menjurus ke bahaya sebaiknya tidak dilakukan di tempat umum,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Selain itu menurut Sony, penumpang yang duduk di dalam mobil ada etikanya. Etika ini diatur atas dasar keselamatan dan keamanan.

Menaruh kaki di dasborCicmah hasyim - blogger Menaruh kaki di dasbor

Sony melanjutkan, jika berlaku tidak wajar (posisi kaki di dasbor) atau duduk sembarangan akan berisiko fatal saat kecelakaan. Karena duduk sempurna salah satu yang mengurangi risiko cedera.

Baca juga: Diskon Mobil Murah di IIMS Hybrid 2021, Harga Jadi Rp 90 Jutaan

"Kalau menaruh kaki di dasbor yang mana bukan tempat semestinya, sama dengan menantang maut. Ketika mobil tersebut mengerem saja, posisi yang tidak sempurna ini dapat membuat badan merosot ke depan," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X