Tips Mengatur Spion Mobil untuk Menghindari Blind Spot

Kompas.com - 22/04/2021, 07:12 WIB
Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik. www.inovasee.comPosisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi dari spion antara lain sebagai salah satu alat bantu keselamatan bagi pengemudi, untuk melihat kondisi lalu lintas di belakang kendaraan.

Selain itu untuk mencegah kecelakaan pada saat pindah jalur, membantu pada saat parkir, serta pedoman posisi kendaraan.

Namun kebanyakan pengemudi tidak melakukan pengaturan posisi spion yang benar. Padahal pengaturan yang benar akan pengemudi lebih nyaman dan aman saat mengendarai kendaraan di jalan raya.

Baca juga: Toyota Raize Meluncur Pekan Depan, Ini Kisaran Harganya

Pada dasarnya setiap kendaraan memiliki area blind spot atau titik buta di mana pengemudi tidak dapat melihat area tersebut. Area ini sering menjadi titik kecelakaan yang cukup banyak di Indonesia.

Dengan pengaturan kaca spion yang tepat, area blind spot yang tidak dapat terlihat oleh mata manusia dapat sedikit berkurang. Dengan begitu kejadian kecelakaan yang disebabkan tidak terlihatnya pandangan pengemudi ke area blind spot bisa diperkecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kaca spion mobil berjamurSetyo Adi/Otomania Kaca spion mobil berjamur

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, sebaiknya pengaturan posisi spion mobil dilakukan sebelum memulai perjalanan. Pengaturan yang dilakukan pada saat kendaraan berjalan akan menyebabkan berkurangnya konsentrasi pengemudi.

Baca juga: Kabar Terbaru soal Suzuki Jimny 5 Pintu yang Siap Meluncur

"Yang perlu kita ketahui untuk mengurangi blind spot tersebut, lebih baik kita maksimalkan visual melalui spion dengan memaksimalkan area pandang ke belakang," kata Marcell kepada Kompas.com, Selasa (20/42/2021).

Marcell menambahkan, pada saat mengatur spion kendaraan usahakan untuk pandangan ke area belakang kendaraan lebih luas sehingga pandangan juga akan lebih leluasa.

Baca juga: Segera Meluncur, Intip Fitur Serba Canggih Toyota Raize

"Kalau bodi mobil bisa tidak terlihat itu lebih bagus, tapi kebanyakan orang Indonesia tidak nyaman jika bodi mobil tidak terlihat. Jika menginginkan untuk bodi mobil terlihat, usahakan untuk hanya 10 persen dari bodi mobil yang terlihat di spion," ucap Marcell.

Lampu LED untuk kaca spion yang dipasang di balik cermin.Tokopedia-Javanos Store Tangerang Lampu LED untuk kaca spion yang dipasang di balik cermin.

Dengan pengaturan pandangan spion yang lebih luas maka resiko kecelakaan dapat dikurangi meskipun tidak sepenuhnya area blind spot dapat dicover oleh spion samping. Sedangkan untuk visual pada area belakang kendaraan dapat dilihat melalui spion tengah.

Baca juga: Peminat Raize dan Rocky Ramai, Jangan Sampai Kena PHP

Marcell mengimbau untuk pengemudi mobil sebaiknya sesering mungkin mengumpulkan informasi keadaan sekitar kendaraan melalui kaca spion. Idelanya melihat spion kendaraan diusahakan setiap lima sampai delapan detik sekali.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.