Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Segera Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Kompas.com - 21/04/2021, 12:02 WIB
Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar mengenai peluncuran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kembali beredar. Kedua APM tersebut sudah mengirimkan surat undangan yang kegiatannya berlangsung pada 28 April 2021.

Kedua mobil SUV kompak ini pertama kali hadir pada 2019 di Jepang. Sejak saat itu, sinyal-sinyal kemunculannya di Tanah Air terus muncul.

Baca juga: Peminat Raize dan Rocky Ramai, Jangan Sampai Kena PHP

Kehadirannya semakin ramai dibicarakan setelah kemunculannya di Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021 yang dikeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021.

Daihatsu Rocky telah resmi dijual di Jepang mulai harga Rp 226 jutadaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky telah resmi dijual di Jepang mulai harga Rp 226 juta

Mengacu pada data yang dikeluarkan oleh situs resmi Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, terlihat bahwa Raize dan Rocky akan dibekali dengan mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc NA.

Dari informasi yang ditampilkan, bisa ditarik kesimpulan bahwa Raize nantinya akan ditawarkan dalam 6 varian, yakni 1.2 G MT, 1.2 G CVT, 1.0T G MT, 1.0T G CVT, 1.0T S CVT, dan 1.0T S CVT TSS.

Baca juga: Jawaban Toyota soal Waktu Peluncuran Raize di Indonesia

Begitu pula dengan Rocky, juga akan hadir dalam 6 varian, yakni 1.2 M MT, 1.2 M CVT, 1.2 X MT, 1.2 X CVT, 1.0T R MT, 1.0T R CVT.

Untuk mesin yang digunakan varian 1.0T, diyakini akan menggunakan mesin yang sama seperti Raize dan Rocky di Jepang. Dapur pacunya tetap mengandalkan mesin 1.000 cc turbo 1KR-VET.

Bocoran NJKB Toyota Raizehttp://keuda.kemendagri.go.id/ Bocoran NJKB Toyota Raize

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 96 tk. Sementara torsi maksimumnya, dapat mencapai 140 Nm.

Untuk varian 1.2, kemungkinan besar akan mengandalkan mesin 1.200 cc 3NR-VE. Mesin tersebut juga yang digunakan pada Calya, Sigra, Agya, dan Ayla.

Mesin 1.2 ini memiliki tenaga maksimum hingga 86 tk. Sedangkan untuk torsi maksimumnya, dapat mencapai 108 Nm.

Melihat harganya, bisa diketahui bahwa harga dasar Raize berada di rentang Rp 153,3 juta sampai Rp 207,9 juta. Sedangkan Rocky lebih murah, mulai Rp 136,5 juta sampai Rp 176,4 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X