Jawaban Toyota soal Waktu Peluncuran Raize di Indonesia

Kompas.com - 16/04/2021, 14:58 WIB
Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah banyak dinanti dan beredar ragam spekulasi mengenai peluncurannya, namun sampai saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) masih bungkam soal kepastian waktu kapan Raize benar-benar resmi mengaspal di Indonesia.

Bahkan ketika banyak ditanyakan lagi, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM hanya bisa memastikan bila Toyota sejauh ini masih dalam tahap persiapan peluncurannya.

"Seperti yang saya bilang sebelumnya, untuk Raize tak perlu khawatir. Pastinya tidak ada kendala soal persiapan, dan sudah didaftarkan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mendapatkan PPNBM ke pemerintah," ucap Anton ketika berdiskusi dengan media secara virtual, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Cuma 1 Jam, Innova Limited Edition 50 Tahun Toyota Langsung Ludes

"Untuk waktunya mohon maaf, belum bisa kami sampaikan karena memang masih ada beberapa kesiapan-kesiapan. Tapi yang pasti tidak ada kendala soal Raize, jadi tinggal ditunggu saja tanggal baiknya," kata dia.

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Penerapan PPnBM sendiri memang berlaku hingga akhir 2021 mendatang melalui tiga skema yang diberikan Pemerintah.

Mulai dari potongan 100 persen sampai Mei, lalu turun menjadi 50 persen dari Juni sampai Agustus, dan terakhir 25 persen yang berlaku mulai September sampai Desember.

Meski belum ada kepastian soal waktu kapan bakal diluncurkan, namun sebelumnya Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Sony Sulaksono mengatakan, baik Raize dan Rocky akan meluncurkan di April 2021.

Baca juga: Toyota Bawa Konsep EV Smart Mobility di IIMS Hybrid 2021

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

"Raize dan Rocky yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan dilaunching pada April dan secara perhitungan pabrikan, kedua tipe tersebut bisa memenuhi local purchase minimum 70 persen," ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021) lalu.

"Kini, perusahaan sedang dalam proses set-up line assembling untuk engine Raize serta Rocky secara in house (dikerjakan sendiri) dan diharapkan selesai dalam waktu segera," lanjut Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X