Dibanding Pria, Wanita Berisiko Cedera Parah Saat Kecelakaan

Kompas.com - 20/04/2021, 18:52 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era modern seperti saat ini, mobil bukan lagi menjadi kendaraan yang diperuntukkan bagi para pria saja.

Tidak sedikit wanita yang memilih untuk mengendarai mobil sebagai moda transportasi untuk menemani mobilitasnya sehari-hari, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta.

Namun, bagi para kaum hawa hendaknya lebih waspada. Sebab, salah satu studi dari The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengungkapkan wanita lebih berisiko mengalami cedera yang parah dibanding pria saat terjadi kecelakaan mobil.

Dikutip dari IIHS, disebutkan bahwa sebanyak 20-28 persen wanita berpotensi meninggal dunia dalam kecelakaan, sedangkan 37-73 persen mengalami luka parah.

Baca juga: Vespa Sprint Listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021

Hasil penelitian menyebutkan bahwa kondisi tersebut bukan karena faktor perbedaan fisik antara pria dengan wania. Melainkan karena pilihan kendaraan dan jenis kecelakaan yang dialami.

“Angka-angka ini menunjukan wanita lebih sering mengendarai mobil yang lebih kecil dan ringan. Kendaraan ini yang membuat mereka berpotensi mengalami tabrakan dari arah depan atau samping,” ujar Jessica Jermakian, wakil presiden riset kendaraan IIHS dikutip dari IIHS, Selasa (20/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.iStock/Kwangmoozaa Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.

Data menunjukkan, sekitar 70 persen wanita yang mengalami kecelakaan berada di dalam kendaraan yang lebih besar, dibandingkan dengan sekitar 60 persen laki-laki.

Sementara, 20 persen laki-laki berada dalam pikap, dibandingkan dengan kurang dari lima persen wanita.

Jika dilihat secara keseluruhan, pengemudi laki-laki sebetulanya lebih berisiko. Namun masih memiliki kemungkinan untuk melarikan diri atau mengindar dari kecelakaan tanpa cedera, tidak seperti para wanita.

Baca juga: Daftar Diskon LMPV di Gelaran IIMS Hybrid 2021, Sampai Rp 10 Juta

Studi tersebut juga membandingkan tabrakan depan dan samping yang terjadi antara 1998 dan 2015 dengan melibatkan satu mobil atau dua mobil berukuran dan berat yang sama.

Hasilnya, IIHS menemukan bahwa perempuan 2,5 kali lebih mungkin mengalami cedera kaki sedang, dan 70 persen lebih mungkin mengalami cedera kaki serius dibandingkan lelaki.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X