Marak Pencurian Motor Jelang Lebaran, Ini 4 Tips Aman Saat Parkir

Kompas.com - 19/04/2021, 16:41 WIB
Curanmor instgaram.com/warung_jurnalisCuranmor

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi maraknya pencurian sepeda motor semakin hari kian meresahkan. Terutama dalam kondisi bulan Ramadhan seperti saat ini yang membuat aksi kriminal kian meningkat, terlebih saat menjelang Lebaran.

Seperti aksi pencurian yang terjadi di salah satu indekos di Jalan Karet Belakang, Kuningan, Karet, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Sabtu (17/04/2021) sekitar pukul 19.40 WIB.

Dalam rekaman kamera CCTV yang diunggah oleh akun instagram @warung_jurnalis, pelaku yang diduga berjumlah dua orang itu meluncurkan aksinya ketika penjaga indekos shalat tarawih.

Akibatnya, penghuni kosan berinisial MA harus kehilangan satu unit sepeda motor Honda Vario 125 cc hitam miliknya.

Baca juga: Larangan Mudik, Tol Layang Japek Ditutup, Polisi Jaga Penyekatan 24 Jam

Agar terhindar dari peristiwa tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan motor dicuri. Berikut 4 tipsnya.

Area parkir Blok F Pasar Tanah Abang,  Jakarta Pusat,  Senin (30/10/2017).Kompas.com/Sherly Puspita Area parkir Blok F Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Parkir di posisi aman/terdalam

Cara ini dinilai bisa menyulitkan maling ketika ingin meluncurkan aksinya. Karena saat terhalang motor lain, maling pasti akan berpikir dua kali untuk mengambil motor incarannya.

“Biasanya maling akan mencari posisi yang paling mudah untuk dijangkau. Jadi kalau mau parkir, cari tempat yang mengumpat,” ujar Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

2. Pasang kunci pengaman tambahan

Saat ini sudah banyak tersedia dipasaran kunci pengaman tambahan. Salah satunya adalah gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang pada motor selain matik.

“Yang pasti kunci ganda lebih dianjurkan karena sudah terbukti bisa mencegah pencurian,” kata Ribut.

Perangkat tambahan yang disarankan adalah kunci pengaman pada tuas rem. Cara kerjanya dengan mengunci tuas rem dan tuas gas agar tidak bisa digunakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X