Pasar Hatchback Tumbuh Positif, Honda City Mulai Distribusi

Kompas.com - 19/04/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi penjualan mobil. NikkeiIlustrasi penjualan mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil segmen sub kompak B atau lebih sering disebut hatchback di dalam negeri, akhir kuartal pertama 2021 tumbuh signifikan di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dibandingkan satu bulan sebelumnya distribusi sedan tanpa buntut ini meningkat 81,2 persen menjadi 1.492 unit.

Padahal, dalam periode tersebut Honda Jazz sebagai salah satu model terlaris di segmen ini sudah tidak lagi didistribusikan ke diler. Digantikan oleh Honda City Hatchback dengan bbaru terjual 1 unit.

Baca juga: Impas Relaksasi PPnBM, Pasar LMPV Mulai Pulih di Maret 2021

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Sementara, model hatchback yang mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen hanyalah Toyota Yaris, yang berhasil naik 50 persen dari 142 unit jadi 1.020 unit secara bulanan.

Tapi, bila dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (year-on-year), pasar hatchback masih melemah 25 persen. Sebelum pandemi, pasar kendaraan ini mampu mencapai angka penjualan 1.995 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga terjadi bila membandingkan pencapaiannya di awal tahun kemarin. Sebab kala itu pabrikan bisa mendistribusikan model sejenis sampai 1.400-an unit.

Secara umum, seluruh produk mobil kompak di dalam negeri mengalami pertumbuhan secara bulanan maupun tahunan. Misalnya, Suzuki Baleno yang kini bisa mencapai angka 393 unit dari sebelumnya selalu di bawah 300 unit.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Didominasi SUV dan MPV

Toyota Yaris mendapat pembaruan di sektor eksterior dan penambahan fitur baru.TAM Toyota Yaris mendapat pembaruan di sektor eksterior dan penambahan fitur baru.

Kemudian Mazda2 yang berhasil mencapai penjualan di atas 60 unit, tepatnya 72 unit. Bulan lalu, mobil terkait hanya 59 unit saja dan 43 unit pada Maret 2020.

Berikut total penjualan hatchback per-Maret 2021:

1. Toyota Yaris: 1.020 unit
2. Suzuki Baleno: 393 unit
3. Mazda2: 72 unit
4. VW Polo: 6 unit
5. Honda City Hatchback: 1 unit

Total penjualan hatchback per-Maret 2020:

1. Honda Jazz: 1.097 unit
2. Toyota Yaris: 561 unit
3. Suzuki Baleno: 282 unit
4. Mazda2: 43 unit
5. VW Polo: 12 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.