Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPK Toyota GR Yaris di Indonesia Sudah Lewati Kuota Unit

Kompas.com - 17/04/2021, 15:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah cukup alot diperbincangkan, akhirnya pada 25 Maret 2021 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi membuka keran pemesanan GR Yaris untuk pasar Indonesia.

Hal tersebut dilakukan guna mengetahui secara pasti, berapa jumlah konsumen di Indonesia yang meminati hatchback bertenaga buas tersebut, sekaligus melakukan filter terhadap pemesan yang benar-benar serius.

Lantas bagaimana update-nya sejauh ini ?

Baca juga: SPK Membeludak, Daihatsu Kebut Produksi Pakai Strategi 3P

Ketika menanyakan hal tersebut, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, bila sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan total konsumen yang serius.

Tampilan dasbor Toyota GR Yarisheadlightmag.com Tampilan dasbor Toyota GR Yaris

"Sampai 20 April ini kita masih mendata yang mendaftar SPK atas nama dan mengetahui bila kondisi GR Yaris sangat limited. Tentunya juga untuk konsumen yang sudah memberikan booking fee kepada diler kami," ucap Anton dalam diskusi virtual, Kamis (15/4/2021) lalu.

Menurut Anton, sejauh ini memang penerimaannya cukup baik. Bahka sebelum keran pemesanan resmi dibuka juga sudah banyak konsumen yang mulai berdatangan ke diler.

Sementara untuk jumlah totalnya, Anton menjelaskan bakal diumumkan akhir bulan ini usai semua data SPK terkumpul dari jaringan dilernya.

"Kita umumkan akhir April ini, tapi ada bocoran sedikit dari tim yang mengurus memang GR Yaris ini animo SPK yang masuk sudah melebihi dari unit yang akan kita dapatkan," ujar Anton.

Baca juga: Harga GR Yaris di Indonesia Berkisar Rp 750 Juta-Rp 850 Juta

"Jadi kita memang harus memikirkan juga soal bagaimana cara alokasi unitnya nanti. Kurang lebih ini seperti Innova Limited yang begitu dibuka (pemesanan) langsung habis," kata dia.

Tampilan eksterior Toyota GR Yarispaultan.org Tampilan eksterior Toyota GR Yaris

Sekadar informasi, GR Yaris hanya diproduksi sebanyak 25.000 unit di dunia. Mobil dengan mesin 1.618 cc tiga silinder yang memiliki tenaga sebesar 257 tk dan torsi badak 370 Nm itu, hadir untuk mememenuhi para pecinta adrenalin.

Dari jumlah yang sangat terbatas itu, kuota GR Yaris yang akan masuk ke Indonesia sendiri nantinya bakal terbatas, yakni hanya 126 unit saja. Artinya, hanya ada 126 konsumen yang memiliki mobil WRC versi jalan raya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com