Pengemudi Terios Menyalip Sembarangan Hingga Nyaris Kecelakaan

Kompas.com - 14/04/2021, 04:42 WIB
pengemudi Terios menyalip kendaraan tanpa perhitungan instagram.com/gerryairwayspengemudi Terios menyalip kendaraan tanpa perhitungan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pindah lajur dalam kondisi tidak aman kerap dilakukan oleh para pengemudi tidak bertanggung jawab di jalan tol.

Seperti contoh rekaman yang diunggah oleh akun instagram @gerryairways. Dalam video tersebut terlihat pengemudi mobil Daihatsu Terios yang berusaha mendahalui mobil yang berada di depannya. Namun, upaya itu dilakukan sembarangan tanpa perhitungan hingga nyaris kecelakaan.

Pengemudi tersebut melakukan perpindahan lajur dengan menyalip di antara pikap dan mobil Chevrolet Orlando.

Baca juga: Pentingnya Pakai Transmisi Gigi Rendah Saat Melintas di Turunan

Sontak aksi manuver berbahaya tersebut membuat pengendara mobil Chevrolet berwarna putih itu geram, karena mobilnya nyaris tertabrak.

Terkait video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, dari video tersebut menunjukan bahwa pengemudi Terios itu tidak memiliki etika dalam berkendara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gerry Soejatman (@gerryairways)

“Melakukan manuver berpindah lajur harus bertahap dan smooth supaya resiko kecelakaan bisa di minimalisir dan si pengemudi tidak menjadi penyebab kecelakaan. Apalagi memaksakan dengan alasan tanggung, buru-buru atau apapun itu tidak dibenarkan,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Sony menegaskan, semua punya hak yang sama di jalan raya, oleh sebab itu harus teratur dan tertib.

“Melakukan perpindahan lajur itu harus memenuhi prinsip-prinsip keselamatan (keamanan, kepentingan, kemampuan). Sekalipun terlihat mudah tetapi bahaya apabila dilakukan asal-asalan,” katanya.

Baca juga: Tips Mudah Mobil Matik Lewati Tanjakan Curam

Setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan pengemudi mobil saat akan melakukan perpindahan lajur di jalan tol:

1. Pastikan ada ruang yang aman untuk bermanuver.
2. Cek belakang lewat spion.
3. Nyalakan lampu sign apa bila diberi kesempatan.
4. Berpindah secara bertahap.
5. Pastikan kecepatannya menyesuaikan dengan arusnya.

“Dan harus diingat, hindari bermanuver secara zigzag karena sangat berbahaya,” ujar Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X