Puasa Hari Pertama, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Kompas.com - 13/04/2021, 04:32 WIB
Meminum air untuk menjaga cadangan cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi Shutterstock.comMeminum air untuk menjaga cadangan cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (13/4/2021) masuk hari pertama bulan Ramadhan, merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi seluruh umat Muslim. Meski sedang berpuasa, aktivitas sehari-hari tetap harus dilaksanakan.

Mengendarai sepeda motor untuk bekerja jadi salah satu aktivitas yang hampir tiap hari dilakukan banyak orang meski sedang berpuasa.

Namun, pahami bahwa saat berpuasa, tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, aktivitas berkendara tidak akan seoptimal biasanya.

Baca juga: Pahami Ini, Jalan Raya Bukan Arena Cornering

Ilustrasi pasangan berkendara sepeda motorShutterstock Ilustrasi pasangan berkendara sepeda motor

Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan, berkendara saat berpuasa harus lebih hati-hati karena tubuh lebih rentan dehidrasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat kita mengenakan safety gear berupa helm, jaket, dan sepatu, panas tubuh akan lebih sulit keluar sehingga lebih mudah dehidrasi," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Dehidrasi saat berkendara berisiko menurunnya konsentrasi, kemampuan untuk mengobservasi potensi bahaya, kurang perhatian akan lalu lintas, sulit fokus, dan juga menurunnya kemampuan bereaksi di waktu yang tepat," kata Marcell menambahkan.

Baca juga: Begini Cara Membayar Perpanjangan SIM Secara Online

Warga menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor di Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat, Senin (4/5/2020). Provinsi DKI Jakarta memasuki pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diperpanjang ke tahap kedua. Tujuan PSBB ini adalah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor di Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat, Senin (4/5/2020). Provinsi DKI Jakarta memasuki pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diperpanjang ke tahap kedua. Tujuan PSBB ini adalah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Jika tidak benar-benar ada keperluan, disarankan untuk tidak mengendarai sepeda motor ketika berpuasa pada siang hari. Ini untuk menghindari sengatan panas sinar matahari yang bisa membuat lebih cepat dehidrasi.

Lalu, disarankan untuk memberi asupan pada tubuh dengan makanan yang tinggi serat serta minum air yang cukup saat sahur. Dengan begitu, potensi dehidrasi saat berkendara bisa berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.