Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puasa Hari Pertama, Pengendara Motor Waspada Dehidrasi

Kompas.com - 13/04/2021, 04:32 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (13/4/2021) masuk hari pertama bulan Ramadhan, merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi seluruh umat Muslim. Meski sedang berpuasa, aktivitas sehari-hari tetap harus dilaksanakan.

Mengendarai sepeda motor untuk bekerja jadi salah satu aktivitas yang hampir tiap hari dilakukan banyak orang meski sedang berpuasa.

Namun, pahami bahwa saat berpuasa, tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, aktivitas berkendara tidak akan seoptimal biasanya.

Baca juga: Pahami Ini, Jalan Raya Bukan Arena Cornering

Ilustrasi pasangan berkendara sepeda motorShutterstock Ilustrasi pasangan berkendara sepeda motor

Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan, berkendara saat berpuasa harus lebih hati-hati karena tubuh lebih rentan dehidrasi.

"Saat kita mengenakan safety gear berupa helm, jaket, dan sepatu, panas tubuh akan lebih sulit keluar sehingga lebih mudah dehidrasi," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Dehidrasi saat berkendara berisiko menurunnya konsentrasi, kemampuan untuk mengobservasi potensi bahaya, kurang perhatian akan lalu lintas, sulit fokus, dan juga menurunnya kemampuan bereaksi di waktu yang tepat," kata Marcell menambahkan.

Baca juga: Begini Cara Membayar Perpanjangan SIM Secara Online

Warga menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor di Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat, Senin (4/5/2020). Provinsi DKI Jakarta memasuki pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diperpanjang ke tahap kedua. Tujuan PSBB ini adalah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor di Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat, Senin (4/5/2020). Provinsi DKI Jakarta memasuki pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diperpanjang ke tahap kedua. Tujuan PSBB ini adalah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Jika tidak benar-benar ada keperluan, disarankan untuk tidak mengendarai sepeda motor ketika berpuasa pada siang hari. Ini untuk menghindari sengatan panas sinar matahari yang bisa membuat lebih cepat dehidrasi.

Lalu, disarankan untuk memberi asupan pada tubuh dengan makanan yang tinggi serat serta minum air yang cukup saat sahur. Dengan begitu, potensi dehidrasi saat berkendara bisa berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com