Banyak Kasus Pengemudi Motor Masuk Jalan Tol, Salah Siapa?

Kompas.com - 12/04/2021, 13:41 WIB
pengemudi motor masuk tol instagram.com/jktinfopengemudi motor masuk tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pengendara sepeda motor masuk ke jalan tol belakangan ini marak terjadi.

Seperti video viral yang diunggah oleh aku @jktinfo. Dalam rekaman tersebut terlihat jelas pengemudi motor wanita yang berkendara di lajur tengah jalan tol, Sabtu (9/4/2021).

Nekatnya lagi, pengendara motor tersebut tidak menggunakan helm saat berkendara.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti di mana kejadian tersebut terjadi.

Mengingat kejadian seperti itu bukan pertama kalinya terjadi, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, hal ini harus mendapat perhatian khusus dari para instansi terkait.

Baca juga: Bus Listrik Medium Buatan Indonesia Sedang Dites TransJakarta

“Ini bisa terjadi karena lemahanya undang-undang, serta penegakkan aturan yang masih dipusatkan atau dibebankan kepada polisi saja. Padahal seharusnya menjadi tanggung jawab seluruh instansi, termasuk departemen pendidikan yang juga harus memberi edukasi,” ujar Jusri saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/4/2021),

Selain itu, menurut Jusri rambu-rambu jalan tol juga masih belum proaktif, sehingga fenomena seperti ini masih terus terulang.

“Seharusnya dipasang rambu atau tanda khusus 100 meter sebelum memasuki jalan tol. Jika perlu dibuat berupa gapura berwarna mencolok misalnya kuning, dengan keterangan bahwa itu adalah jalan tol, motor dilarang masuk, agar mereka paham,” kata Jusri.

Jusri menambahkan, akan lebih baik lagi jika ditambahkan peringatan berupa audi seperti yang sudah di terapkan di traffic light Bandung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

“Seperti gerbang tol Bekasi, tidak jarang pengemudi motor yang keliru. Dengan tambahan peringatan audio pasti sangat membantu mereka yang tidak bisa melihat marka jalan,” ucap Jusri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X