Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Perlukah Kebiasaan Memanaskan Mesin pada Sepeda Motor Injeksi?

Kompas.com - 02/07/2020, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran mesin berteknologi asupan bahan bakar dengan injeksi merupakan salah satu perkembangan dunia otomotif, khususnya pada sepeda motor. Ada beragam keuntungan yang bisa diperoleh dari motor injeksi, misalnya lebih hemat bahan bakar.

Lantas, adakah perbedaan perawatan antara mesin injeksi dan karburator, salah satunya kebiasaan memanaskan mesin sepeda motor?

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, kebiasaan memanaskan mesin sepeda motor sebenarnya masih perlu dilakukan, meski sudah menggunakan mesin injeksi.

Baca juga: Menanti Geliat Pasar Mobil Bekas di Era New Normal

"Kebiasaan ini bertujuan agar oli yang ada di dalam mesin bisa bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin langsam atau stasioner. Jadi sebaiknya tetap dilakukan, tetapi tidak perlu digeber-geber,” ujar Endro kepada Kompas.com.

Ilustrasi kick starter skutiktvsscooty.com Ilustrasi kick starter skutik

Endro melanjutkan, memanaskan mesin motor injeksi juga lebih singkat ketimbang karburator. 

“Untuk motor injeksi pemanasannya cukup satu menit saja, biarkan stasioner,” katanya.

Ketika kondisi mesin sudah panas, serta sirkulasi pelumas di dalamnya baik, maka kendaraan siap untuk digunakan menempuh perjalanan.

Baca juga: Disuntik Mati di Jepang, Napas Honda Civic di Indonesia Masih Panjang

Kepala Bengkel Daya Adicipta Motor (DAM) Wahyudin menambahkan, saat hendak memanaskan motor, sebaiknya menggunakan starter manual atau engkol.

Selain bisa memperpanjang umur aki atau baterai, menggunakan starter manual juga bisa menjaga kondisi starter agar tidak macet.

“Kalau motor tidak digunakan arus pada baterai bisa berkurang karena digunakan untuk kelistrikan. Maka dari itu, saat ingin menghidupkan motor pada pagi hari, sebaiknya menggunakan manual atau kick starter saja,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com