Melihat Skywell, Bakal Bus Listrik TransJakarta

Kompas.com - 10/04/2021, 08:22 WIB
Bus listrik Skywell KOMPAS.com/SETYO ADIBus listrik Skywell

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) bisa dibilang sedang sibuk mengetes bus listrik yang masuk ke Indonesia. Tes ini dilakukan tentunya untuk melihat seberapa layak bus ini jika digunakan di berbagai koridor Ibu Kota.

Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk melihat dan merasakan tiga bus yang sedang dites TransJakarta. Kali ini yang akan dibahas adalah soal desain bus listrik Skywell buatan China.

Model yang ditawarkan Skywell yang sedang diuji coba adalah bus besar dengan high entry. Artinya, bus ini memiliki akses masuk penumpang yang tinggi, jadi tidak bisa sembarang naik dari pinggir jalan.

Baca juga: Demi Konten Viral, Pemuda Ini Tewas Terlindas Truk

Bus listrik Zhongtong dan SkywellKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus listrik Zhongtong dan Skywell

Untuk modelnya, bus ini memiliki tampilan depan yang cukup tampan, terlihat modern. Bus yang didatangkan utuh dari China ini memiliki headlight yang juga rendah, seperti milik Zhongtong yang sebelumnya pernah dibahas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun bedanya, karena bukan bertipe low entry, bus Skywell ini memiliki dimensi yang lebih tinggi, sekitar 3,7 meter. Kemudian, bus ini juga dicat putih seluruh bodinya, memperlihatkan kesan bersih dari sebuah bus listrik.

Pintu penumpang bagian depan memang dibuat rendah, tetapi harus naik tangga jika masuk ke kabinnya. Hal ini berbeda dari bus low entry yang langsung masuk ke kabin, tidak perlu menaiki anak tangga.

Baca juga: Kesal Suara Knalpot Bising, Warga Siram Jalanan Pakai Air Sabun

Bus listrik SkywellKOMPAS.com/SETYO ADI Bus listrik Skywell

Selain itu, ada dua akses pintu penumpang yang tinggi, ada di bagian tengah dan belakang, baik sisi kiri maupun kanan. Tampaknya bodi bus ini cocok digunakan bus rapid transit (BRT) yang memiliki lajur sendiri atau busway.

Selain itu, akses penumpang juga tersedia di sisi kiri dan kanan. Namun, sepertinya bus yang sedang diuji coba TransJakarta masih belum disesuaikan bentuknya dengan kondisi di Jakarta, mengingat bus yang dites baru untuk uji beban dan kilometer saja.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.