Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Pabrik Hyundai di Indonesia Sudah 90 Persen

Kompas.com - 08/04/2021, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses perkembangan pembangunan pabrik Hyundai di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, hingga saat ini disebut masih sesuai target awal pabrikan.

Dikatakan Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, pengerjaan pabrik kini sudah 90 persen setelah sempat temui kendala sebagai dampak dari pandemi virus corona alias Covid-19.

"Sejauh ini progresnya sudah 90 persen. Jadi walau kondisi pandemi kita masih on track," katanya dalam diskusi virtual, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Hyundai New Santa Fe Meluncur, Berikut Spesifikasinya

Ilustrasi Hyundai Santa Fe facelifthttp://www.hyundaimobil.co.id/ Ilustrasi Hyundai Santa Fe facelift

Dalam kesempatan sama, Makmur juga menyebut bahwa perusahaan berharap pabrik terkait sudah bisa beroperasi dengan memproduksi mobil-mobil Hyundai buatan dalam negeri pada akhir 2021.

"Kita harapkan pada akhir tahun ini sudah bisa produksi mobil buatan lokal Indonesia untuk yang pertama kalinya," ucap dia.

Namun demikian, progres pembangunan pabrik meleset dari perkiraan awal sebagaimana dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu.

Kala itu, Luhut menyebut pabrik Hyundai akan selesai pada Maret 2021 dan setelahnya dilakukan banyak uji coba hingga produksi final di akhir tahun 2021.

Baca juga: Bocoran Hyundai Santa Cruz, Rilis 15 April

 

Hyundai Track Day 2021DOK. HMID Hyundai Track Day 2021

Adapun kemampuan produksi mobil, bisa sampai 250.000 unit per tahun dengan serapan tenaga kerja Indonesia sebanyak 3.500 orang.

Sementara lebih jauh mengenai perencanaan produksi mobil di pabrik hingga model kendaraannya, Makmur masih enggan membeberkan. Tapi dipastikan bahwa Hyundai bakal serius menggarap pasar Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com