Pembangunan Pabrik Hyundai di Indonesia Sudah 90 Persen

Kompas.com - 08/04/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi Hyundai Ioniq 5 AUTOCAR.co.ukIlustrasi Hyundai Ioniq 5

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses perkembangan pembangunan pabrik Hyundai di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, hingga saat ini disebut masih sesuai target awal pabrikan.

Dikatakan Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, pengerjaan pabrik kini sudah 90 persen setelah sempat temui kendala sebagai dampak dari pandemi virus corona alias Covid-19.

"Sejauh ini progresnya sudah 90 persen. Jadi walau kondisi pandemi kita masih on track," katanya dalam diskusi virtual, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Hyundai New Santa Fe Meluncur, Berikut Spesifikasinya

Ilustrasi Hyundai Santa Fe facelifthttp://www.hyundaimobil.co.id/ Ilustrasi Hyundai Santa Fe facelift

Dalam kesempatan sama, Makmur juga menyebut bahwa perusahaan berharap pabrik terkait sudah bisa beroperasi dengan memproduksi mobil-mobil Hyundai buatan dalam negeri pada akhir 2021.

"Kita harapkan pada akhir tahun ini sudah bisa produksi mobil buatan lokal Indonesia untuk yang pertama kalinya," ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikian, progres pembangunan pabrik meleset dari perkiraan awal sebagaimana dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu.

Kala itu, Luhut menyebut pabrik Hyundai akan selesai pada Maret 2021 dan setelahnya dilakukan banyak uji coba hingga produksi final di akhir tahun 2021.

Baca juga: Bocoran Hyundai Santa Cruz, Rilis 15 April

 

Hyundai Track Day 2021DOK. HMID Hyundai Track Day 2021

Adapun kemampuan produksi mobil, bisa sampai 250.000 unit per tahun dengan serapan tenaga kerja Indonesia sebanyak 3.500 orang.

Sementara lebih jauh mengenai perencanaan produksi mobil di pabrik hingga model kendaraannya, Makmur masih enggan membeberkan. Tapi dipastikan bahwa Hyundai bakal serius menggarap pasar Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.