Ini Bagian-bagian Penting pada Busi

Kompas.com - 08/04/2021, 10:02 WIB
Polisi sedang melakukan olah tempat kejadian perkara di mobil Avanza berwarna putih milik Pendeta Yusak Holbala. Kaca mobil pecah dan uang Rp 120 juta dalam mobil raib. KOMPAS.com/Sigiranus Marutho BerePolisi sedang melakukan olah tempat kejadian perkara di mobil Avanza berwarna putih milik Pendeta Yusak Holbala. Kaca mobil pecah dan uang Rp 120 juta dalam mobil raib.

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor. Busi bertugas menghasilkan api yang digunakan dalam proses pembakaran di ruang mesin.

Tetapi, belakangan terungkap kalau banyak aksi kejahatan memanfaatkan busi untuk memecahkan kaca mobil dan mengambil barang di kabin. Aksi ini terungkap jika para maling tersebut memanfaatkan bagian dari busi untuk memecahkan kaca jendela mobil.

Baca juga: KTM Lansir 1290 Super Duke RR Limited Edition

Meski terlihat kecil, busi memiliki banyak bagian. Secara umum busi terdiri dari lima bagian, yaitu terminal nut, insulator, inti tembaga, elektroda pusat, dan elektroda ground.

Resistor pada busi berfungsi untuk meredam gelombang elektromagnetik yang bisa merusak on board unit kendaraan.NGK Resistor pada busi berfungsi untuk meredam gelombang elektromagnetik yang bisa merusak on board unit kendaraan.

Adapun bagian yang kerap digunakan pelaku kejahatan ialah insulator, yakni bagian busi yang berwarna putih atau disebut keramik.

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, mengatakan, bahan keramik busi memang bukan keramik biasa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan jadi pembenaran buat ngelakuin kriminal ya. Bahannya kita sebut high purity alumina atau disebut dengan AL2O3, atau alumunium oxide. Bukan sekadar keramik biasa dan bukan silicon nitrate," kata Diko kepada Kompas.com, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Dorna Sports Sidak Kesiapan Sirkuit Mandalika

Diko mengatakan, alumunium oxide merupakan material yang punya kekuatan besar.

"High alumunium oxide ini punya daya mekanikal strengh yang tinggi sekali. Wajar bisa memecahkan kaca. Bahkan bisa buat potong juga," katanya.

Debi Arma bin Ali Umar (33) warga Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, memeragakan cara melakukan langkah memecah kaca mobil saat gelar perkara di Mapolres Semarang, Senin (11/7/2016). KOMPAS.com/Syahrul Munir Debi Arma bin Ali Umar (33) warga Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, memeragakan cara melakukan langkah memecah kaca mobil saat gelar perkara di Mapolres Semarang, Senin (11/7/2016).

"Jadi karakter alumina ini jika bereaksi dengan air akan mengeras dan bisa jadi lebih padat," katanya.

Baca juga: KTM Lansir 1290 Super Duke RR Limited Edition

Meski demikian kata Diko, untuk membuat keramik busi dari alumunium oxide bukan hal mudah. Orang biasa akan kesulitan jika ingin mencoba.

Apalagi tujuan insulator ialah menahan panas dan mencegah kebocoran arus listrik dari dalam keluar busi, bukan untuk kejahatan.

"Tidak (bisa bikin sendiri). Semua bahan itu digodok (dibuat) di Jepang dan mereka yang buat," kata Diko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X