Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Ban Truk Suka Copot Saat Berjalan

Kompas.com - 27/03/2021, 12:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Peristiwa roda truk copot sangat sering terjadi di Indonesia. Copotnya ban truk ini bisa terjadi di mana saja, baik di jalan tol maupun jalan antar kota biasa.

Karena roda yang copot ini terjadi ketika truk melaju, kadang bisa mengenai pengguna jalan lain. Tentu saja hal ini bisa mengagetkan bagi yang tidak waspada dan tentunya merugikan pengguna jalan lain.

Truk sendiri memiliki dua jenis baut, ada yang delapan dan sepuluh. Memiliki baut yang lebih banyak, mengapa bisa ban truk kerap terlepas saat sedang berjalan?

Baca juga: Aparat Diharapkan Bisa Tindak Tegas Para Pemalak Sopir Truk

 

Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY Bambang Widjanarko mengatakan, ada dua penyebab copotnya roda truk saat sedang berjalan.

“Pertama karena pemasangan yang tidak sempurna. Kurang kencang baut dan murnya. Kedua karena baut yang putus,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (27/3/2021).

Bambang mengatakan, penyebab putusnya baut ini sebenarnya sepele dan kerap dilupakan. Hanya karena drat baut dan mur yang kurang bersih, efeknya roda truk bisa sampai copot karena baut yang patah.

Baca juga: Mudik Dilarang, Pengusaha Bus Minta Pemerintah Tegas Tutup Semua Akses

Baut putus karena pas dipasang, dratnya ada kerak yang kurang dibersihkan. Ketika dipakai jalan, keraknya rontok karena getaran,” kata Bambang.

Kerak di baut dan mur ini biasanya karena lumpur mengering atau tanah. Jadi sebaiknya sebelum dipasang, drat baut dan mur harus disikat kawat dahulu.

“Provokatornya kerak kotoran tadi, akibatnya baut dan mur longgar, drat jadi aus dan akhirnya putus,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com