Alasan Kenapa Ban Truk Suka Copot Saat Berjalan

Kompas.com - 27/03/2021, 12:41 WIB
Tangkapan layar video roda truk terlepas di daerah Lasem, Jawa Tengah Akun Facebook Zacky WahyudhiTangkapan layar video roda truk terlepas di daerah Lasem, Jawa Tengah

JAKARTA, KOMPAS.com – Peristiwa roda truk copot sangat sering terjadi di Indonesia. Copotnya ban truk ini bisa terjadi di mana saja, baik di jalan tol maupun jalan antar kota biasa.

Karena roda yang copot ini terjadi ketika truk melaju, kadang bisa mengenai pengguna jalan lain. Tentu saja hal ini bisa mengagetkan bagi yang tidak waspada dan tentunya merugikan pengguna jalan lain.

Truk sendiri memiliki dua jenis baut, ada yang delapan dan sepuluh. Memiliki baut yang lebih banyak, mengapa bisa ban truk kerap terlepas saat sedang berjalan?

Baca juga: Aparat Diharapkan Bisa Tindak Tegas Para Pemalak Sopir Truk

 

Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY Bambang Widjanarko mengatakan, ada dua penyebab copotnya roda truk saat sedang berjalan.

“Pertama karena pemasangan yang tidak sempurna. Kurang kencang baut dan murnya. Kedua karena baut yang putus,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (27/3/2021).

Bambang mengatakan, penyebab putusnya baut ini sebenarnya sepele dan kerap dilupakan. Hanya karena drat baut dan mur yang kurang bersih, efeknya roda truk bisa sampai copot karena baut yang patah.

Baca juga: Mudik Dilarang, Pengusaha Bus Minta Pemerintah Tegas Tutup Semua Akses

Baut putus karena pas dipasang, dratnya ada kerak yang kurang dibersihkan. Ketika dipakai jalan, keraknya rontok karena getaran,” kata Bambang.

Kerak di baut dan mur ini biasanya karena lumpur mengering atau tanah. Jadi sebaiknya sebelum dipasang, drat baut dan mur harus disikat kawat dahulu.

“Provokatornya kerak kotoran tadi, akibatnya baut dan mur longgar, drat jadi aus dan akhirnya putus,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X