Sejarah PO Sumber Kencono, Kerap Kecelakaan Berubah Jadi Sugeng Rahayu

Kompas.com - 23/03/2021, 18:50 WIB
PO Sumber Group DOK. LAKSANABUSPO Sumber Group

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sebelumnya membahas PO Eka dan Mira, redaksi Kompas.com kali ini akan membahas soal pesaingnya, yakni PO Sumber Kencono yang sekarang sudah menjadi PO Sumber Group yang terdiri dari Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu.

Melansir dari Wordpress PO Sumber Group, PO Sumber Kencono didirikan oleh Setyaki Sasongko di Sidoarjo, Jawa Timur pada 1981.

Dengan enam unit bus, PO Sumber Kencono melayani perjalanan, Surabaya, Solo, Madiun, dan Yogyakarta.

Memiliki pelayanan yang baik membuat PO Sumber Kencono terus berkembang. Bahkan pada tahun 2005, 2007 dan 2008, PO Sumber Kencono mendapatkan penghargaan dari Menteri Perhubungan sebagai salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik selama penyelenggaraan angkutan lebaran.

Baca juga: Catat, Ini 5 Jenis Pelanggaran Baru yang Terdeteksi Kamera Tilang Elektronik

PO Sumber SelamatSUMBERGROUPBUS.com PO Sumber Selamat

Namun sayangnya, periode 2009 sampai 2011 menjadi masa kelam PO Sumber Kencono. Pada periode ini sering sekali PO Sumber Kencono mengalami kecelakaan, bahkan sampai menghilangkan puluhan nyawa dan membuat penumpangnya berkurang.

Sanksi pengurangan armada sebanyak 40 persen pun dilakukan selama satu minggu. Selain itu, Setyaki menyiapkan nama baru pengganti Sumber Kencono, yakni menjadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu. Pada 2012, Sumber Kencono mulai dihilangkan.

Selain itu, manajemen juga membuat sanksi bagi para pengemudi yang mengalami kecelakaan, ugal-ugalan, dan melanggar batas kecepatan.

Hasilnya, perlahan jumlah kecelakaan mulai berkurang dan kembali dipercaya oleh masyarakat.

Baca juga: Lakukan Ini Jika Dapat Surat Tilang Elektronik Tapi Kendaraan Bukan Punya Kita Lagi

Aggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, bus-bus milik PO Sumber Group memang terkenal kencang atau banter.

Namun hal ini kembali lagi ke masyarakat, ada yang menyukai, ada juga yang kurang suka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X