Benarkah Isi BBM di Malam Hari Bisa Dapat Lebih Banyak? Ini Faktanya

Kompas.com - 23/03/2021, 17:11 WIB
SPBU Pertamina Dok. PertaminaSPBU Pertamina
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak pemilik kendaraan yang mengisi ulang BBM pada malam hari, dengan alasan agar mendapat jumlah yang lebih banyak dibanding mengisi saat siang hari.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, mengatakan, anggapan ini muncul karena sifat bensin yang mudah menguap pada siang hari.

Menurutnya, secara prinsip kondisi benda cair amat tergantung dengan lingkungan sekitarnya. Ketika udara lebih dingin, maka bensin akan menyusut dan menjadi lebih padat.

Baca juga: Avanza Anda Kena Recall, Begini Cara Mengetahuinya

Ilustrasi biodiesel B30esdm.go.id Ilustrasi biodiesel B30

Sementara saat udara panas, misalnya pada waktu siang hari, bensin akan cenderung lebih mudah menguap.

“Jika ditimbang beratnya tidak akan sama, misal satu liter bensin yang ditimbang saat siang hari dan malam hari pasti berbeda,” ucap Yus, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, Yus mengatakan, selisih perbedaannya tidak terlalu signifikan pada volume bahan bakar secara keseluruhan.

Baca juga: Kementerian Lingkungan Hidup Sebut Metode Razia Knalpot Bising Salah

Ilustrasi pengendara sepeda motor sedang mengisi BBM di SPBU Pertamina.Pertamina Ilustrasi pengendara sepeda motor sedang mengisi BBM di SPBU Pertamina.

Ambil contoh di wilayah Jakarta, yang suhu pada siang hari berkisar 32 hingga 33 derajat celcius, sementara malam harinya sekitar 29 hingga 30 derajat celcius.

Perbedaan suhu tersebut tidak akan berpengaruh signifikan pada volume bahan bakar di dalam tangki kendaraan.

“Kalau untuk jumlah secara keseluruhan tidak terlalu terasa, apalagi jika diisi ke tangki mobil atau motor. Kecuali untuk mobil tangki pengangkut BBM dengan kapasitas ribuan liter, itu mungkin perbedaannya bisa sampai beberapa liter,” kata Yus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.