Ketahui Ciri Piringan Cakram Motor Harus Diganti

Kompas.com - 19/03/2021, 11:12 WIB
Lubang pada piringan cakram sepeda motor Stanly-Kompas.comLubang pada piringan cakram sepeda motor

SOLO, KOMPAS.com - Kampas rem dapat aus dan habis seiring pemakaian. Maka dari itu komponen ini wajib diganti secara berkala agar proses pengereman dapat dilakukan dengan optimal.

Namun bagaimana dengan piringan cakram? Apakah komponen ini juga perlu untuk diganti?

Sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pengereman, piringan cakram rem juga wajib untuk diganti pada kondisi tertentu.

Meski masa pakainya lebih lama dari kampas rem, jangan mengabaikan kondisi piringan cakram.

Lalu kapan sebaiknya mengganti piringan cakram?

Baca juga: Begini Urutan Mengurus Mutasi atau Balik Nama Kendaraan

Joko Suparman selaku Kepala Mekanik Bengkel Ahass Sumber Motor Sragen mengatakan, piringan cakram tidak bisa diukur masa pakainya berdasarkan jarak tempuh atau usia.

Rem cakra depan bisa tidak pakem, ketika terkena oli suspensi.Ghulam/KompasOtomotif Rem cakra depan bisa tidak pakem, ketika terkena oli suspensi.

"Piringan cakram itu tidak bisa divonis dari jarak tempuh atau usianya, tergantung pemakaian tiap pengendara. Kalau kampas rem rutin diganti sebelum benar-benar habis, pasti piringan cakram lebih awet," kata Joko saat ditemui Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapat dikatakan usia piringan cakram tergantung pada sikap pengendara dalam merawat kendaraannya.

"Kampas rem kalau habis kan tinggal bagian besi saja. Jika tetap dipaksa untuk mengerem, maka akan menggesek piringan cakram dan menyebabkan piringan cepat aus," kata Joko lebih lanjut.

Baca juga: Jangan Kaget, Beli Motor Listrik Ternyata Tanpa Buku Servis

Jika piringan cakram sudah terlihat aus ditandai dengan permukaan yang tidak rata dan ketebalan yang berkurang, maka harus segera dilakukan penggantian.

Bila tetap memaksakan memakai piringan cakram yang sudah aus, ada banyak risiko kecelakaan yang menanti.

Piringan cakram dapat bengkok saat dipaksa mengerem dalam kecepatan tinggi. Risiko terparah adalah piringan dapat patah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X