Kenali, Ini Keunggulan Pelek Palang Dibandingkan Model Jari-jari

Kompas.com - 16/03/2021, 16:52 WIB
Pelek baru VRossi untuk model sport dan skutik. Hadir lebih sporty istimewaPelek baru VRossi untuk model sport dan skutik. Hadir lebih sporty

SOLO, KOMPAS.com - Jenis pelek palang atau Casting Wheel (CW) dan juga jari-jari yang disebut juga Spoke wheel (SW), memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan peruntukannya.

Meski demikian, pelek palang memiliki keunggulan di bidang kepraktisan. Terlebih lagi untuk motor matik, pelek aftermarket biasanya sudah disesuaikan dan memiliki ukuran yang sama dengan pelek aslinya, sehingga dapat langsung pasang tanpa mengubah apapun.

Baca juga: Sri Mulyani Buka Peluang Insentif Pajak bagi Innova dan Fortuner

"Pelek palang itu lebih praktis tinggal pasang, kalau pelek jari-jari harus merakit terlebih dahulu untuk jari-jari dan juga tromolnya, belum nanti menentukan dudukan pada saat pemasangan," ujar salah satu penjual pelek di Pasar Notoharjo Solo, Selasa (16/03/2021).

Pelek V-Rossi di Jakarta Fair 2016Otomania/Setyo Adi Pelek V-Rossi di Jakarta Fair 2016

Selain dari segi pemasangan, pelek palang juga memiliki keunggulan pada pilihan model yang bervariasi. Pelek model ini memiliki beberapa model dan warna yang bisa dikombinasikan dengan warna kendaraan.

Baca juga: Warga Jateng Belum Bisa Pesan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Selain itu, dengan menggunakan pelek palang, pengguna juga akan lebih mudah dalam membersihkan. Sebab, jarak ruas palang yang lebih lebar memudahkan untuk membersihkan sela-sela pelek.

Pelek palang pada dasarnya menggunakan ban tipe tubeless, oleh karena itu pelek palang dinilai lebih efisien.

Sedangkan untuk pelek jari-jari, harus menggunakan ban tipe tubetype dan harus menambah biaya untuk pembelian ban dalam.

Sedangkan untuk pelek palang bisa menggunakan ban bawaan kendaraan asalkan memiliki ukuran yang sesuai.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X