Ferrari SF90 Stradale, Supercar PHEV Bertenaga Buas Hadir di Indonesia

Kompas.com - 15/03/2021, 16:53 WIB
Ferrari SF90 Stradale PHEV Eurokars Prima UtamaFerrari SF90 Stradale PHEV

JAKARTA, KOMPAS.com - Resmi ditunjuk menjadi agen pemegang merek (APM) Ferrari di Indonesia, PT Eurokars Prima Utama langsung unjuk gigi dengan meluncurkan beberapa produk supercar berlogo kuda jingkrak tersebut. Salah satu diantaranya adalah SF90 Stradale Plug-in Electric Hybrid (PHEV).

Kehadiran supercar ramah lingkungan ini menjadi era baru dalam sejarah Ferrari. Namun demikian, bicara soal tenaga di atas kertas performa yang dihadirkan masih beringas, sesuai dengan tampilannya agresifnya.

Tak hanya itu, SF90 Stradale juga supercar pertama yang dirancang bangun secara khusus guna merayakan 90 tahun tim balap Formula 1 Scuderia Ferrari. Tak heran, selain soal mesin parasnya pun ikut dikolaborasikan dengan sisi keanggunan yang membuatnya tampak eksotik.

Berbekal platform baru, SF90 mengusung sistem hibrida seri pararel di mana mesin konvensional juga memiliki peran untuk mengisi daya baterai, selain tetap dijadikan motor penggerak.

Baca juga: Tertarik Punya Mobil Mewah Kaisar Jepang Toyota Century, Ini Syaratnya

Ferrari SF90 Stradale PHEVEurokars Prima Utama Ferrari SF90 Stradale PHEV

Menggunakan mesin turbo 90 derajat V8 berkapasitas 3.990 cc yang lebih besar dari 488Pista, SF90 Stradale memiliki tenaga brutal hingga 769 tk dan torsi 800 Nm. Sudah sangat terbayang soal sensasi di balik kemudinya, bahkan diklaim sebagai output tertinggi di keluarga 8 silinder Ferrari.

Sementara untuk sisa tenaga 220 tk, dihasilkan dari tiga buah motor listrik MGU-K, yang posisinya dibuat terpencar. Satu pada bagian belakang yang dikenal sebagai MGUK (Motor Generator Unit-Kinetic), yang terletak diantara mesin dan 8 speed dual-clutch transmission baru, dan dua lagi di as roda depan. Total tenaga yang disalurkan mencapai 1.000 tk.

Ferrari SF90 Stradale PHEVEurokars Prima Utama Ferrari SF90 Stradale PHEV

Tak hanya itu, hadir sebagai mobil sport pertama Ferrari yang dilengkapi dengan 4WD, membuat SF90 Stradale cukup memungkinkan mengeluarkan tenaga besar Hybrid Powertain secara optimal. Ferrari mengklaim dari titik 0-100 kpj mampu dituntaskan dalam waktu 2,5 detik, sementara 0-200 kpj selesai dalam 6,7 detik.

Baca juga: Banyak yang Istimewa di NTT, Ferrari Portofino Jelajah Eksotisme Sumba

Ferrari SF90 Stradale PHEVEurokars Prima Utama Ferrari SF90 Stradale PHEV

Selain menyediakan tenaga penggerak dengan istrik, kedua motor depan secara independen juga mengontrol torsi yang dikirim ke kedua roda, memperluas konsep Torque Vectoring yang diintegrasikan sepenuhnya ke dalam kontrol dinamika mobil. Sementara distribusi diatur melalui RAC-e yang membuat mengemudi menjadi lebih sederhana dan mudah.

Ferrari menyediakn lima mode berkendara dan empat drive unit yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni Sport, Race, Wet, CT-Off, dan ESC Off. Untuk drive unit tersedia, eDrive, Hybrid, Performance, dan Qualify.

Perubahan besar pada Ferrari juga terjadi pada sektor interior, di mana kehadiran teknologi hybrid yang dibenamkan mau tak mau menggeser konsep mid-rear-engine sports Berlinetta Proportions. Kokpit bagian depan menjadi lebih kecil dan letaknya berdekatan pada bagian depan mobil guna mengurangi hambatan, namun diklaim tanpa mengurangi faktor kenyamanan.

Ferrari SF90 Stradale PHEVEurokars Prima Utama Ferrari SF90 Stradale PHEV

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X