Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membeli Motor Antik secara Online

SOLO, KOMPAS.com - Semakin dimudahkannya segala sesuatu dengan adanya teknologi, maka ikut memudahkan orang untuk melakukan kegiatan apapun termasuk jual beli.

Namun tidak semua orang menggunakan teknologi dengan baik dan benar, ada juga yang menyalahgunakan teknologi tersebut untuk menipu orang lain lewat jual beli online.

Marwan, selaku pemilik bisnis jual beli motor antik di Solo menjelaskan bahwa sekarang memang banyak orang yang tidak bertanggung jawab menipu di jual beli online motor antik.

"Pernah itu kemarin ada yang lapor ke saya katanya membeli motor antik dari saya dan sudah mentransfer sebagian uang, namun barangnya belum datang juga. Kemudian orang itu mencari Informasi di media sosial tentang sini (Marwan Motor) lalu menelepon saya, padahal saya tidak merasa bertransaksi dengan orang tersebut," kata Marwan saat ditemui di showroom motor antik miliknya, Sabtu (13/03/2021).

Marwan juga menjelaskan kalau ada tips khusus dari showroom miliknya jika ingin membeli lewat online. Pada dasarnya kendaraan antik tidak banyak yang dipasarkan melaui online. Berikut adalah tips dari marwan ketika ingin membeli motor antik secara online.

Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa penjual memang dapat dipercaya. Kalau mencari informasi di internet lihat ulasan pembeli sebelumnya tentang riwayat penjualnya.

Kemudian sebelum membeli motor antik pastikan kita memilki pengetahuan yang lebih tentang apa yang akan kita beli, entah itu spek kendaraan ataupun, tahun, dan juga modelnya.

Ketika sudah tahu tujuan kita tentang motor yang akan kita beli, pastikan kontak langsung dengan penjulanya. Tanyakan keaslian serta surat surat resmi yang dimiliki kendaraan tersebut.

Setelah itu, mintalah penjual untuk melakukan panggilan video guna memastikan kebenaran bahwa motor antik tersebut berada di showroom miliknya atau di sekitar penjualnya.

Jika diperlukan penjual boleh diminta untuk menunjukkan surat surat berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ataupun Buku Kepemilikan Kendaran Bermotor (BPKB) kendaraan agar pembeli dapat mengecek secara langsung lewat panggilan video dan memastikan kalau memang surat-surat di pegang langsung oleh penjual tanpa perantara.

Terakhir, pastikan pengiriman yang aman dan terpercaya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/13/164100315/tips-membeli-motor-antik-secara-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke