Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Hatchback Honda Seken di Bawah Rp 100 Juta

Kompas.com - 06/03/2021, 07:42 WIB
Arif Nugrahadi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHatchback merupakan salah satu jenis mobil yang masih digemari  dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pecintanya.

Hatchback atau orang juga sering menyebut sedan tanpa bagasi merupakan jenis kendaraan yang hampir mirip dengan city car. Namun, beda pada dimensi dan kapasitas mesin, di mana hatchbak cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan city car.

Baca juga: Daftar Harga Hatchback Bekas Setelah Honda Jazz Stop Produksi

Civic Nouvaotomotifnet.com Civic Nouva

Sama-sama memiliki kapasitas penumpang empat hingga lima orang, kabin hatchback masih lebih lega dibandingan dengan city car. Bicara hatchback, Honda jadi salah satu merek terkenal di segmen ini, mengingat sudah jualan sejak era 1980-an.

Terkait peluncuran model terbaru City Hatchback dan keputusan Honda mengakhiri produksi Jazz di Indonesia, ada baiknya membahas soal pilihan model ini di pasar mobil bekas.

Berdasarkan penelusuran redaksi Kompas.com di pasar mobil bekas online, beberapa hatchback Honda ada yang ditawarkan dengan banderol di bawah Rp 100 jutaan, berikut rekomendasinya;

Baca juga: Tidak Semua PO Bus Pakai Bodi Buatan Adiputro

Pertama, tentu saja ada Jazz yang mulai dipasarkan ke Indonesia sejak akhir 2003. Honda Jazz seken generasi pertama, periode 2004-2008  ini harganya cukup bertahan, ditawarkan antara Rp 80 juta - Rp 95 jutaan.

Sedangkan untuk Jazz generasi kedua, tahun produksi di atas 2020, harganya masih bertahan di atas Rp 120 jutaan.

Baca juga: Warga Bekasi Siap-siap, Tilang Elektronik di Bekasi Berlaku Bulan Ini

Honda Civic EstiloOtomotifnet.com/Kyn Honda Civic Estilo

Kedua, opsi lebih terjangkau ada Civic Wonder atau dikenal dengan kode SB3, produksi 1983 sampai 1987. Dari penelusuran harga yang ditawarkan berkisar Rp 20 juta sampai Rp 40 jutaan. Tapi, namun ada juga pemilik menjual dengan harga lebih tinggi, sampai Rp 68 juta, dengan klaim kondisi terawat.

Ketiga, ada Civic Nouva (SH3) punya harga lebih tinggi, berkisar antara Rp 30 juta hingga Rp 88 juta tergantung kondisi dari kendaraan itu sendiri.

Terakhir, ada hatchback Civic Estilo (SR3) yang meski berstatus sebagai mobil tua bangka (motuba), tapi harga jualnya di atas langit. Jangan kaget jika sulit menemukan Estilo bekas yang dijual pada era 1990-an paling murah dibanderol Rp 100 jutaan dalam kondisi standar, bahkan tidak terawat.

Untuk Estilo yang dalam kondisi terawat apalagi punya kilometer jarak tempuh rendah, banderol bisa tembus Rp 200 jutaan. Bahkan, ada Estilo SR3 yang sudah diubah menjadi edisi Jepang dengan kode EG6, ditawarkan dengan banderol Rp 350 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com